BESTTANGSEL.COM, CIANJUR-Perusahaan FMCG terkemuka Procter and Gamble (P&G) Indonesia bersama Save the Children kembali melanjutkan komitmennya dalam program We See Equal (WSE) untuk membentuk lingkungan yang setara, positif gender, dan aman bagi anak-anak, khususnya di Cianjur dan Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Setelah konsisten berjalan selama enam tahun, pada kesempatan ini P&G dan Save the Children berbagi pandangan serta pembelajaran terkait perkembangan implementasi program tersebut di sekolah-sekolah binaan WSE. Dalam kesempatan yang sama, P&G dan Save the Children juga mempertegas komitmennya untuk memperkuat program di fase berikutnya.

Sejak 2018 hingga Desember tahun 2023, program WSE telah berhasil memberdayakan sebanyak 26.998 anak, 1.874 guru, dan 2.990 orang tua. Namun, pencapaian ini tidak hanya terbatas pada lingkup sekolah, melainkan juga melibatkan komunitas secara luas. Program ini telah mencakup 11 desa, melibatkan 551 tokoh masyarakat, 77 staf pemerintah, dan berhasil membentuk 11 Forum Anak di bawah bimbingan WSE. Melihat dampak positif yang dihasilkan, pemerintah lokal pun mengambil inisiatif untuk mereplikasi dan mempromosian modul WSE ke lebih banyak sekolah, yaitu mencakup 20 sekolah di Cianjur dan 30 sekolah di Kabupaten Bandung.

Saranathan Ramaswamy selaku Presiden Direktur P&G Indonesia, menyatakan “Sejak tahun 2018, para generasi muda Kabupaten Bandung dan Cianjur telah menjadi perhatian P&G dan Save the Children lewat program We See Equal, dimana kami terus berupaya membentuk lingkungan yang setara, positif gender, dan aman bagi mereka, sehingga dapat tumbuh dan berkembang untuk meraih kehidupan yang lebih berkualitas. Tahun ini, upaya bersama kami untuk memberdayakan masyarakat telah berhasil memberikan edukasi melalui program WSE kepada sejumlah anak, guru, dan orang tua. Lebih dari itu, kami juga melibatkan elemen masyarakat yang lebih luas dan memfasilitasi sejumlah Forum Anak di bawah bimbingan WSE. Kami bersyukur atas apresiasi dan dukungan pemerintah terhadap dampak positif Program We See Equal dengan memperluas program ini ke 50 sekolah di Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung. Kolaborasi antara P&G, Save The Children, dan pemerintah ini menunjukkan kekuatan dari aksi kolektif. Ini merupakan bukti dari apa yang bisa kita capai ketika bekerja bersama untuk menciptakan dunia yang lebih baik bagi anak-anak kita.”

Helmi Halimudin, S.Pd, M.Si selaku Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Cianjur memaparkan “Melalui perjalanan program We See Equal di Kabupaten Cianjur, kami dengan tulus mengapresiasi dedikasi dan kontribusi yang telah diberikan oleh P&G dan Save the Children. Selain itu, kami juga melihat dampak positif dari program ini sehingga pemerintah pun berinisiatif untuk mereplikasi modul WSE di Kabupaten Cianjur sebanyak 20 sekolah dan 30 sekolah di Kabupaten Bandung. Semoga kesuksesan ini menjadi titik terang yang mengilhami perusahaan-perusahaan lain untuk memberikan perhatian khusus dalam pembentukan lingkungan yang aman, positif gender, dan setara bagi anak-anak. Dengan langkah ini, kita bersama-sama membangun fondasi yang kuat untuk masa depan yang lebih baik, dimana setiap anak dapat tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang setara dan aman.”

Pencapaian lain dari program WSE adalah memberikan dukungan kepada para pemimpin desa dalam membentuk Forum Anak Desa, sebuah wadah yang memampukan anak-anak di desa menyuarakan kebutuhan dan ide-ide mereka, terutama yang berkaitan dengan kesejahteraan mereka. Keunikan dari forum-forum ini adalah bahwa mereka dipimpin oleh anak-anak sendiri dan difasilitasi oleh anggota masyarakat yang dewasa. Melalui partisipasi aktif ini, WSE berupaya menciptakan lingkungan dimana suara anak-anak dihargai dan menjadi bagian integral dalam proses pengembangan komunitas.

Pada kesempatan yang sama, Dessy Kurwiany Ukar selaku Plt CEO Save the Children mengatakan “Kemitraan strategis antara Save the Children dengan P&G telah berjalan sejak lima tahun terakhir. Save the Children bangga menjadi bagian dari program P&G We See Equal yang telah menunjukkan perubahan yang signifikan, khususnya di Kabupaten Bandung dan Cianjur. Dengan semangat dan nilai yang sama, kami berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang setara, positif gender, dan aman bagi anak-anak di Indonesia tercapai. Kemitraan ini tentunya sangat berdampak positif terhadap perubahan hidup anak-anak di Jawa Barat dan tentunya kami berharap dampak positif dari program ini bisa diterapkan di sekolah-sekolah lain di sekitarnya.”

Momen membanggakan lainnya dalam program ini ketika P&G mendukung Hasna, seorang siswa Indonesia binaan WSE untuk menjadi salah satu delegasi pada “Konferensi Women Deliver” 2023 yang diselenggarakan di Rwanda pada 15-20 Juli tahun 2023, yang dihadiri 6.300 peserta secara langsung dan lebih dari 200.000 peserta secara virtual dari berbagai negara. Pada kesempatan tersebut, Hasna berbagi pembelajaran dan kisah dampak selama keterlibatannya di WSE, yang menunjukkan signifikansi global program ini.

“Saya bangga menjadi pembicara yang mewakili Indonesia yang menyuarakan kesetaraan di Konferensi Women Deliver di Rwanda pada Juli 2023. Menurut saya program We See Equal ini memberikan dampak positif, terutama terkait mendorong pentingnya kesetaraan peluang untuk berkembang bagi anak perempuan dan laki-laki. Selanjutnya, saya berharap dapat terus menyuarakan nilai-nilai ini kepada anak-anak lainnya dengan harapan lebih banyak teman-teman saya yang sadar akan pentingnya lingkungan yang setara, positif gender, dan aman di masyarakat.” ungkap Hasna, salah satu siswa binaan program WSE.

Tono Hartono sebagai Kepala Sekolah di salah satu SMP di Cianjur memaparkan “Sejak adanya program We See Equal, kami melihat banyak perubahan positif pada para siswa kami. Mereka tidak hanya semakin memahami pentingnya kesetaraan gender, tetapi juga melibatkan diri secara aktif dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman, dan dipenuhi dengan nilai-nilai kesetaraan untuk setiap anak. Selain itu kami sangat merasakan bahwa semua warga sekolah semakin paham tentang pentingnya untuk tidak saling melakukan perundungan kepada siapa pun. Kami menerapkan edukasi dari program ini dengan harapan tidak hanya memperkaya pengalaman siswa, tetapi juga memberikan wawasan baru kepada orang tua dan guru. Dengan adanya dukungan dari P&G dan Save the Children, kami berharap dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif yang lebih besar lagi untuk pendidikan di Jawa Barat secara keseluruhan. Harapan kami, semoga program ini terus memberikan inspirasi dan menjadi perubahan positif bagi masa depan pendidikan anak-anak di tanah air.”

Sebagai bentuk dari komitmen yang berkelanjutan, saat ini P&G bersama Save the Children sedang mengevaluasi dan merancang fase ke-empat dari program We See Equal. Ini merupakan aksi nyata untuk memastikan agar upaya pembentukan lingkungan yang setara, berorientasi pada gender positif, dan aman bagi perkembangan anak-anak agar dapat terus berjalan. (red/*)

Leave a Reply