BESTTANGSEL.COM, SERPONG TANGSEL-Makanan sehat dan bergizi perlu kamu konsumsi setiap hari. Hal ini tentunya bermanfaat untuk menunjang kegiatan sehari-hari kamu dan menjaga kesehatan setiap harinya. Pemilihan makanan yang tepat sesuai kondisi sangat penting diperhatikan. Berbagai makanan sehat seperti buah-buahan, sayur-sayuran, lauk pauk, hingga makanan lainnya bisa kamu konsumsi secara teratur setiap hari. Untuk itu, kamu bisa mengacu pada Pedoman Gizi Seimbang dalam mengonsumsi makanan harian.

Makanan Pokok

Makanan pokok meliputi karbohidrat (kalori) dalam jumlah seimbang merupakan makanan sehat yang dibutuhkan tubuh. Kalori adalah satuan energi. Dalam nutrisi, kalori mengacu pada energi yang didapat orang dari makanan dan minuman yang mereka konsumsi, dan energi yang mereka gunakan dalam aktivitas fisik.

Makanan pokok biasanya tidak menyediakan keseluruhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh yang biasanya dikonsumsi bersama lauk pauk. Sumber makanan pokok bisa berupa nasi, kentang, singkong, ubi, atau roti. Turunan karbohidrat terlibat dalam reproduksi, sistem kekebalan tubuh, perkembangan penyakit, dan pembekuan darah.

Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran menjadi makanan sehat yang wajib kamu konsumsi setiap harinya. Buah dan sayuran berperan sebagai sumber vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral merupakan bentuk mikronutrien yang merupakan salah satu kelompok nutrisi utama yang dibutuhkan tubuh. Manusia harus mendapatkan nutrisi mikro dari makanan karena tubuh tidak dapat memproduksi vitamin dan mineral.

Vitamin diperlukan untuk produksi energi, fungsi kekebalan, pembekuan darah dan fungsi lainnya. Sementara itu, mineral memainkan peran penting dalam pertumbuhan, kesehatan tulang, keseimbangan cairan dan beberapa proses lainnya. Kandungan mikronutrien dari setiap makanan berbeda, jadi yang terbaik adalah makan berbagai makanan untuk mendapatkan vitamin dan mineral yang cukup.

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Makanan sehat yang sarat akan nutrisi berikutnya adalah kacang-kacangan dan biji-bijian. Contohnya adalah kacang tanah, kacang mete, kacang almond, chia seed, biji labu, dan biji wijen. Kacang-kacangan dan biji-bijian tersebut tidak hanya mengandung protein dan serat yang tinggi, tetapi juga kaya akan vitamin dan mineral, seperti magnesium dan vitamin E.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.