BESTTANGSEL.COM, JAKARTA- Nuffic Neso Indonesia dan Vietnam bekerjasama dengan Kedutaan Besar Kerajaan Belanda di wilayah ASEAN dan ASEAN Dutch Chamber Network (ADCN) menyelenggarakan pameran karir virtual bagi para pemuda di Asia Tenggara, bertajuk “Virtual Southeast Asia Career Fair (VSEACF) 2021 – ‘Connecting International Minds” pada hari Sabtu, 06 November 2021.

Acara yang diselenggarakan secara virtual melalui platform WHOVA dan Zoom ini bertujuan untuk menghubungkan perusahaan dan pencari kerja dari seluruh Asia Tenggara. 14 belas perusahaan/organisasi, 14 partner universitas, dan lebih dari 1400 pencari kerja dari pemuda di Asia Tenggara berpartisipasi dalam acara ini, 420 diantaranya pun turut mengirimkan CV pribadi dan melamar lowongan pekerjaan yang disediakan oleh perusahaan yang berpartisipasi di program tersebut.

Nanya Burki selaku ketua penyelenggara program pameran dan karir di Asia Tenggara.

Program pameran kerja dan karir ini secara resmi dibuka dengan sambutan dari Ardi Stoios-Braken, Chargé d’Affaires Ad Interim, Kedutaan Besar Belanda di Indonesia yang dalam sambutannya mengapresiasi terselenggaranya acara ini. Ardi tegaskan “program ini menjadi salah satu misi penting penguatan kerjasama pemerintah Belanda dengan pemerintah dan masyarakat di Asia Tenggara, khususnya dalam bidang ekonomi” ungkapnya.

Guido van Rooy, selaku ketua Asean Dutch Chamber Network (ADCN), juga menyatakan hal yang sama sebagaimana diungkapkan Ardi di awal sambutan pembuka. “ADCN sangat mendukung inisiatif acara ini dan akan dengan senang hati untuk berkolaborasi lebih lanjut di kemudian hari”. Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Peter van Tuijl, Direktur Nuffic Neso Indonesia dan Vi Nguyen, ketua kantor perwakilan Nuffic Neso di Vietnam.

Peter dan Vi Nguyen, atas nama Nuffic Neso dan panitia penyelenggara, mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh perusahaan, universitas dan peserta dalam acara ini, seraya berharap acara ini dapat bermanfaat tidak hanya untuk memperkuat jejaring antar alumni Belanda di Asia Tenggara, tetapi juga meningkatkan ekonomi dan kualitas SDM para pencari kerja.

Program pertama dari pameran peluang kerja dan karir se Asia Tenggara ini dimulai dengan sesi diskusi panel bertajuk ‘Masa Depan Pertumbuhan Ekonomi di Asia Tenggara: Menyiapkan Pemuda ASEAN untuk Pasar Kerja yang Kompetitif’ dan menghadirkan sejumlah pembicara yang diantaranya merupakan alumni/lulusan perguruan tinggi di Belanda, seperti Ralph Go, Corporate Recruitment Lead Gojek, Nandia Karina, Founder & CEO of Virtue Consulting Partners, dan Tam Tran selaku Kepala divisi bidang klien dan pasar KPMG Vietnam.

Diskusi yang berlangsung selama kurang lebih 90 menit ini membahas seputar wawasan dan pengalaman mereka tentang bagaimana gambaran peluang dan tantangan pekerjaan di kawasan Asia Tenggara telah dan akan selalu berubah di setiap tahunya, serta keterampilan apa saja yang dibutuhkan oleh pencari kerja agar mampu adaptif dan berkembang di pasar kerja yang sangat kompetitif. Semua pembicara bersepakat bahwasanya “penguasaan skill komunikasi dan bahasa asing yang baik adalah sebuah keniscayaan yang harus dimiliki seseorang guna membangun karir personal yang lebih baik di masa depan.”

Kegiatan inti dari acara ini adalah sesi virtual roundtable dan proses recruitment one on one yang dilaksanakan mulai dari jam 12.00 – 16.00 waktu Jakarta. Sejumlah perusahaan yang sudah menerima lamaran kerja dari pelamar kerja se-Asia Tenggara berkesempatan untuk mewawancarai sejumlah kandidat terpilih sebelum nantinya kandidat tersebut diundang bergabung menjadi bagian dari perusahaan tersebut.

Di waktu yang bersamaan, peserta pun berkesempatan mengikuti sejumlah workshop dengan tema beragam yang bertujuan untuk menambah wawasan dan kompetensi para pencari kerja di masa depan, diantaranya , Career Development Strategy Workshop oleh Data House Asia, Personal Branding Workshop oleh Edwin J. Tanga dari ejt & Associates, serta, Workshop Interview Tips for Young Professional yang disampaikan oleh Indy Hardono selaku koordinator tim beasiswa Nuffic Neso Indonesia.

Nanya Burki selaku ketua penyelenggara merasa sangat bersyukur atas terselenggaranya acara ini, seraya mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta dan perusahaan yang berpartisipasi, seperti: DataHouse Asia, De Heus, East-West Seed/Panah Merah Indonesia, Financial Access, Great Giant Food, Pondera, TOS, Philips Healthcare, PT AKR Corporindo Tbk, Royal HaskoningDHV, Witteveen+Bos, dan sejumlah mitra kerja: ejt & Associates, Erasmus Training Center, NFP, dan NL Alumni Network Indonesia.

NL Alumni Network
Jejaring alumni Belanda kami terdiri dari ribuan profesional Indonesia yang terus bertumbuh seiring dengan sekitar 500 mahasiswa Indonesia yang menyelesaikan studi mereka di Belanda setiap tahunnya. Jejaring alumni Belanda di Indonesia sangat beragam dari segi umur, lokasi geografis, latar belakang akademis, dan keahlian profesional.

Untuk menciptakan kesadaran dan membangun rasa saling memiliki dari para alumni, kami mengadakan kegiatan-kegiatan yang berfokus pada penguatan jejaring dan mendukung pengembangan profesional. Secara strategis, kami mengikutsertakan para alumni dengan berbagai proyek, pertukaran keilmuan dan kesempatan perdagangan dan invesitasi. Kami juga mengadakan job fair yang menyediakan akses bagi alumni Belanda dengan berbagai kesempatan karir di perusahaan Belanda dan Indonesia.

Nuffic Neso Indonesia
Nuffic Neso Indonesia adalah kantor perwakilan Nuffic, organisasi nonprofit di Belanda yang ditunjuk resmi menangani kerja sama internasional di bidang pendidikan dan didanai oleh pemerintah Belanda. Nuffic Neso Indonesia menyediakan informasi serta memberikan konsultasi secara cuma-cuma mengenai lebih dari 2.100 program studi yang diberikan dalam bahasa Inggris. Nuffic Neso Indonesia juga memprakarsai dan memfasilitasi kerja sama di bidang pendidikan tinggi antara institusi di Indonesia dan Belanda serta menawarkan, mewakili pemerintah Belanda, beasiswa untuk warga negara Indonesia setiap tahunnya. Untuk info lebih lanjut bisa melalui : www.nesoindonesia.or.id

(RED/rlls)

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.