Dalam rangka mewujudkan kreativitas mahasiswa dan mendukung kegiatan pameran foto. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) MPF Analog FISIP UMJ menyelenggarakan sebuah pameran foto dengan menggunakan kamera Analog.1457797583595

 Dengan tema Dolanan yaitu kata yang berasal dari bahasa jawa yang maksud dan artinya adalah mainan. Dalam kata lain mainan bisa berarti suatu alat yang berwujud dan tidak berwujud. Pada pameran Mahasiswa Pecinta Fotografi ANALOG angkatan V (lima), muncullah hasil karya dengan tema dolanan atau mainan, yang dimana mainan ini adalah mainan zaman era 90-an yang mungkin hanya anak era 90-an yang tahu dan mengingatnya sampai sekarang.

Pengambilan foto yang lakukan dengan menggunakan kamera analog masih menggunakan roll film 35, sehingga dapat dikolaborasikan dengan mainan era 90-an, dimana medium kamera analog yang menggunakan roll film (black and white), dan pengambilan foto dilakukan selama hampir tiga bulan beserta dengan proses pencucian roll filmnya.

Dengan adanya pameran ini diharapkan dapat mengingatkan kepada semua orang, sebelum adanya gadget, mainan-mainan dan kamera analog ini sudah ada sehingga ingin agar semuanya tahu bahwa yang telah disebutkan pernah ada hingga sekarang.

 

Teks: Bani Ramadhan

Foto : Berbagai Sumber