BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan – Menipisnya ketersediaan lahan kosong, serta tingginya harga jual yang selangit menjadi pemicu tumbuhnya apartemen dan town house (semi cluster) di kawasan Tangerang Selatan.

Baik apartemen ataupun town house, keduanya memiliki daya tarik masing-masing. Bagi mereka yang sibuk bekerja di luar, apartemen menjadi pilihan yang pas dan sesuai gaya hidup. Sementara bagi mereka keluarga muda memiliki rumah adalah impian, jika memiliki keterbatasan dana, town house atau rumah-rumah minimalis yang ada di dalam sebuah kawasan perumahan, menjadi alternatif pilihan.

Di Tangerang Selatan tidak sulit mencari apartemen ataupun town house. Hampir di setiap lokasi perumahan tersedia apartemen atau pun town house. Dari 7 kecamatan di Tangerang Selatan, Serpong, Bintaro, Ciputat, dan Pamulang adalah lokasi yang paling banyak memiliki apartemen dan town house. Tipenya sangat beragam, dari yang super mewah, mewah hingga sederhana. Harga jualnya pun bervariasi, mulai dari ratusan juta hingga milyaran rupiah.

Di kecamatan Serpong saat ini telah berdiri beberapa apartemen di antaranya ada Green View, Sky View, Akasa, Easton, Urban Height. Bergeser ke Ciputat, di sana ada Green Lake View apartemen, Ciputat City Apartemen, Green Clousa Apartemen, dan lain sebagainya. Berbeda dengan yang lain, Alam Sutera Serpong justeru menjadi kawasan premium untuk apartemen. Di lokasi ini ada Silk Town Apartemen, dan Noble Alam Sutera dengan yang mengedepankan  kenyamanan penghuni. Bersaing ketat dengan Alam Sutera, di BSD City juga telah tersedia apartemen mewah dan berkelas, di antaranya ada Intermaks, The Branz dan BResidence.

Beralih ke town house, Serpong dan Pamulang adalah dua lokasi dengan pembangunan town house paling merajai. Misalnya saja di Serpong, jika dihitung-hitung sudah lebih dari 10 town house yang resmi berdiri. Di antaranya ada Pine Hill, Green Park Serpong, Cathalineya, Teras Serpong dan lainnya. Tidak jauh dengan Serpong, Pamulang juga menjadi incaran pembangunan town house. Di lokasi ini ada Pinang Residence, The Villas, Pamulang Terrace dan lain sebagainya.

Investasi Menguntungkan

Properti menjadi alternatif investasi paling menjanjikan. Nilai jual tanah yang terus merangkak naik, sangat menguntungkan bagi para investor.

Pesatnya pertumbuhan penduduk, ekonomi dan bisnis di kawasan ini, membuat Tangerang Selatan menjadi salah satu pasar properti paling produktif. Hal ini terbukti dari laris manisnya setiap produk properti baru yang diluncurkan di kawasan ini, termasuk apartemen atau pun town house.

“Tangerang Selatan sepertinya masih menjadi incaran, baik bagi end user ataupun investor. Lokasi yang sangat strategis, karena berada tidak jauh dari Jakarta, akses transportasi yang memadai, seperti adanya jalur commuterline, serta infrastruktur yang sudah tertata dengan baik, menjadikan Tangerang Selatan kota yang paling dicari”, tutur Nurul Yakin, Pengamat properti yang juga seorang konsultan di Tangerang Selatan.

Investasi properti yang selalu menjanjikan, memang menggiurkan. Namun demikian, seorang investor harus tetap berhati-hati. Karena bukan tidak mungkin terjadinya resiko penipuan dalam jual beli properti. Pastikan properti yang dibelinya tidak dalam sengketa. Untuk produk primari, pastikan bahwa developernya adalah pengembang yang sudah terpercaya.

Berikut adalah dua developer besar di kawasan Tangerang, yang sudah memiliki reputasi yang baik dalam mengembangkan dan mengelola kawasan perumahan.

Agar aman sebaiknya para investor properti tahu cara meminimalkan risiko. Hal ini untuk menghindari kerugian dan melancarkan bisnis investasi properti. Ada beberapa cara yang bisa dipelajari, di antaranya seperti 3 trik berikut ini:

1. Lihat ‘Track Record’
Sebelum membeli sebuah unit properti untuk dijadikan investasi, lihat dulu track record penjualnya atau pengembangnya. Pengembang yang aman tentunya memiliki rekam jejak baik dan memberikan kepuasan pada konsumennya. Ini merupakan acuan utama, karena investasi properti itu kan terkait uang yang banyak.

2. Beli Saat Masih Inden

Properti yang masih inden pasti lebih murah dibanding rumah sudah jadi. Beli properti inden juga jauh lebih murah ketimbang yang sudah diluncurkan ke publik. Jadi, sebaiknya Anda membeli di awal pada pengembang terpercaya. Membeli properti saat perdana jauh lebih menguntungkan karena harganya lebih murah. Semakin lama harga akan naik dan puncaknya adalah ketika bangunan sudah jadi.

3. Perhatikan Lokasi dan Konsep
Lokasi strategis dan potensial juga masuk pertimbangan penting investasi properti. Misalnya properti dekat pusat perbelanjaan, dekat perkantoran, kampus, dan sebagainya. Anda pun bisa memilih menjual rumah langsung atau disewakan terlebih dahulu.

Selain itu jangan lupakan konsep bangunan. Lokasi yang baik seharusnya sesuai dengan konsep yang diusung. Contohnya lokasi properti dekat kawasan ekspatriat. Maka konsep yang sesuai dengan selera WNA dan kaum menengah ke atas harus diusung oleh pengembangnya. Jika tidak berisiko merugi karena tak sesuai harapan dan keinginan pasar.

 

Asri

 

 

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.