BESTTANGSEL.COM, TANGERANG-Orientasi Mahasiswa Baru Universitas Multimedia Nusantara (OMB UMN) 2020 kembali hadir sebagai kegiatan tahunan menyambut mahasiswa baru. Menghadapi situasi pandemi COVID-19, panitia OMB UMN 2020 telah mempersiapkan sistem pelaksanaan OMB secara daring. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 17 hingga 19 Agustus mendatang.

Pelaksanaan OMB UMN 2020 secara daring dilandaskan sesuai dengan anjuran pemerintah untuk membatasi pertemuan massa. Tak hanya itu, penyelenggaraan OMB UMN secara daring juga bertujuan untuk mengutamakan kesehatan dan keamanan para peserta OMB baik yang merupakan Calon Mahasiswa Baru UMN maupun mahasiswa lain yang mengulang kegiatan ini.

“Yang jelas karena prioritas kesehatan dan keamanan, kami melaksanakan OMB tahun ini secara daring. Karena acara kita sangat masif, jadi sangat berbahaya pula apabila kita melaksanakannya secara offline,” jelas Ketua OMB UMN 2020 Regine Meliani.

Meskipun dilaksanakan secara daring, OMB UMN 2020 tetap memaksimalkan kualitas setiap rangkaian acaranya, salah satunya dengan memastikan tertanamnya tiga nilai utama yang terdiri dari kemauan, keteguhan dan 5C Kompas Gramedia (caring, credible, competent, competitive, dan customer delight) kepada mahasiswa. Terkait hal teknis, OMB UMN 2020 menggunakan platform video conference selama berjalannya rangkaian kegiatan.

Mengusung tema ‘Teguh Berpijak, Siap Berdampak!’, OMB UMN 2020 mengajak mahasiswa baru untuk memiliki prinsip dalam menentukan pilihannya serta dapat mempertanggungjawabkan setiap pilihan yang telah dibuat. Melalui tema tersebut, mahasiswa baru UMN diharapkan dapat memiliki tekad yang kuat dan sanggup memberikan dampak terhadap diri sendiri, lingkungan sosial, maupun terhadap lingkungan alam.

Tahun ini, OMB UMN juga menggaungkan inovasi berupa climate action guna meningkatkan kesadaran mahasiswa baru untuk peduli terhadap lingkungan. Climate action sendiri merupakan bentuk perwujudan dari poin ke-13 Sustainable Development Goals (SDGs) yang diusung oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). OMB UMN 2020 tak lupa membawa unsur alam ke dalam logonya. Bambu Tali yang diadaptasi sebagai elemen dari logo OMB sendiri diharapkan mampu menjadi lambang pribadi mahasiswa yang teguh mengawali langkahnya dalam dunia perkuliahan dan mampu menciptakan dampak baik diri sendiri, orang lain, dan alam sekitar. Bambu Tali merupakan tanaman berjenis rerumputan yang paling tinggi di dunia, memiliki akar yang kuat dan tumbuh meluas, serta memiliki kemampuan daya serap emisi karbon.

Rangkaian OMB UMN 2020 diharapkan mampu menjadi gambaran awal bagi mahasiswa baru dalam memasuki dunia perkuliahan. Walaupun diberlangsungkan secara daring, OMB UMN 2020 tetap akan melaksanakan kegiatan yang aman dan bermanfaat bagi mahasiswa baru.

“Tahun ini, seluruh peserta dan juga panitia yang terlibat menjadi bagian dari sejarah baru dalam pelaksanaan OMB UMN 2020. Jadi kita bisa belajar untuk menerima dengan terbuka, karena akan sangat seru dan menyenangkan kalau seluruh pihak terkait bisa mempersiapkan diri dengan baik,” pungkas Regine. (rlls/Ast)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.