BESTTANGSEL.COM, SERPONG TANGSEL- Melebarkan sayap kerjasama antara SMK dan IDUKA, SDC dan SSR Politeknik adakan sosialisasi ke SMK di Tangerang Selatan (Tangsel). Kegiatan yang digelar bersamaan dengan buka puasa bersama itu, juga menjadi ajang silaturahmi antar lembaga.

“Ini merupakan program tahap kedua, sebelumnya kami telah menjalin kerjasama dengan SMK-SMK yang ada di Tangerang Banten. Dan saat ini kami sedang menjajaki Tangsel,” tutur Ms. Sandra, Direktur SSR Politeknik, Selasa (27/04)

Menurut Sandra, kerjasama antara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan IDUKA (Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja), saat perlu dilakukan, mengingat saat ini masih banyak lulusan SMK di Indonesia yang belum memiliki kemampuan bekerja sesuai dengan bidang studi yang diambi.

“SMK di Indonesia saat ini lebih banyak teorikal daripada praktek langsung, oleh sebab itu kami dari SSR Politeknik akan memberikan pelatihan kepada siswa SMK khususnya mereka yang akan lulus sehingga mereka akan memiliki keterampilan yang mumpuni saat terjun langsung dalam dunia kerja. Selain itu, dengan mengikuti pelatihan di SSR Politeknik secara otomatis mereka akan mendapatkan sertifikat setara D2, yang jika mereka lanjut kuliah mereka hanya tinggal mengikuti perkuliahan selama 2 tahun saja untuk menuju program D4,” papar Sandra.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Skill Development Center (SDC) Banten, M. Khozin menyatakan dukungan dan suportnya kepada SMK-SMK, juga SSR Poltek Cibubur Jawa Barat. “Kerjasama ini sangat penting, sebagai langkah melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni. Serta menjadi salah satu upaya menekan jumlah pengangguran di Indonesia, kita tahu SSR Politeknik adalah lembaga pendidikan yang berbasis di Manchester.”

Menurut Khozin kerjasama ini juga mendapat dukungan penuh dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI.  “Diklat ini didukung oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI dengan program 3 in 1 ( Dilatih, Disertifikasi dan Ditempatkan), jadi ini adalah kerjasama yang sangat baik bagi kemajuan pendidikan dan SDM di Indonesia,” tutup Khozin. (**)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.