BESTTANGSEL.COM, Tangerang –¬†Nasi jagal merupakan makanan populer dari Banten, karena makanan ini berasal dari Banten, tepatnya di Kota Tangerang.

Lokasi nasi jagal ini berada di kawasan Rumah Potong Hewan Dinas Pertanian Pemerintah Kota Tangerang atau biasa disebut sebagai tempat penjagalan hewan sapi. Karena letak lokasinya tersebut, makanan ini disebut dengan nasi jagal.

Nasi jagal terdiri dari sepiring nasi putih yang dilengkapi potongan daging sapi berkuah kental kecap, dipadu dengan bumbu-bumbu. Bumbu yang digunakan adalah bawang merah, bawang putih, saos dan kecap. Tanpa menggunakan merica dan ketumbar, lalu dimasak dalam waktu yang lama hingga bumbu meresap ke dalam daging. Daging yang digunakan yaitu berasal dari bagian daging sapi yang bertekstur lembut, seperti bagian kepala, bagian gajih, dan bagian jeroan.

Daging sapinya sedikit berlapis lemak dan dicampur menjadi satu dengan racikan bumbu khas Madura yang terkenal akan kelezatannya. Rasa pedasnya dihasilkan dari sambal goreng yang menambah kenikmatan nasi jagal tersebut. Nasi jagal juga populer dengan sambalnya yang sangat pedas sekali. Sambal pelengkap makanan tersebut dibuat dari cabai rawit merah yang dihaluskan dengan bawang merah dan ditumis dengan minyak.

Sebagai hidangan buatan rumah, nasi jagal biasanya dibuat dengan rasa manis, asin, serta pedas yang menjadi satu. Makanan ini sering kali disantap sendiri atau disertai hidangan lainnya, seperti telur asin, tempe goreng dan emping.

Terdapat dua jenis menu popular nasi jagal yaitu menu nasi dilengkapi dengan lauk daging masak kecap atau nasi jagal biasa dan menu dengan nasinya yang digoreng bersamaan dengan daging masak kecap atau nasi goreng jagal.

 

Asri/bbs

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.