BESTTANGSEL.COM, Tangerang Seloatan – Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) Bintaro menjadi tuan rumah kegiatan Humboldt networking. Kegiatan yang merupakan International Urban Workshop yang mengangkat tema The evolving Image of Urban Society in ASEAN tersebut, dilaksanakan pada 24-26 September 2018 di Grand Whiz Poins Square Jakarta.

Dalam Urban Workshop  kali ini, Humboldt networking mengundang para peneliti dan pakar urban dari berbagai Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri, yang memiliki pusat studi maupun pusat unggulan di bidang riset perkotaan.

“Pembangunan Jaya Center for Urban Studies memperoleh hibah melalui Humboldt Alumni Award untuk membangun kekuataan networking riset urban di ASEAN dalam tiga tahun ke depan,” tutur Leenawaty Limantara Ph.D, selaku Rektor UPJ yang menerima langsung hibah tersebut, Selasa, (25/09).

Dalam pelaksanaannya, Leenawaty menunjuk Dr Eddy Yusuf ditunjuk sebagaai ketua panitia, didampingi oleh Dr. Resdiansyah, Direktur Urban Studies Universitas Pembangunan Jaya, dan Dr. Dion Dewa Barata, Direktur Jaya Launch Pad, selaku perancang program workshop tersebut.

“Tahun 2018 kami menyelenggarakan International Urban Workshop, tahun 2019 summer school di bidang urban dan tahun 2020 kami akan menyelenggarakan International Conference di bidang Urban,” ungkap Leenawaty.

International Urban Workshop dikemas sedemikian rupa sehingga peserta memberikan banyak testimoni positif.  Di antaranya adalah testimoni yang dilontarkan oleh Prof. Bernhard Mueller dari Jerman.

“Beliau mengatakan bahwa metode workshop yang digunakan sangat interaktif dan sangat bagus dipakai untuk membangun capacity building sumber daya manusia baik di kalangan akademisi, bisnis, pemerintahan maupun komunitas. Pendapat senada juga dikatakan oleh Dr Bornales dari Filipina yang menekankan menariknya workshop multidisipliner dengan kontribusi aktif, menjadi pemecahan masalah perkotaan dari sudut pandang dan bidang ilmu yang berbeda-beda. Sementara, Dr. Sulaiman dari Universitas Gadjah Mada secara antusias menyatakan kegembiraannya mendapatkan networking baru dalam kegiatan yang digelar oleh UPJ tersebut, juga Prof. Muh. Zaly Shah dari Malaysia mengatakan bahwa ini pertama kalinya mengikuti workshop yang begitu interaktif,” ungkap Leenawaty.

“Hasil workshop tiga hari ini menghasilkan luaran proposal kerjasama, white paper terkait ASEAN Urban research dan roadmap riset urban di ASEAN.  Lebih daripada itu, jejaring yang terbentuk akan terus dihidupkan melalui konsorsium dimana peneliti dapat bergabung melalui link www.consortium.upj.ac.id,” pungkas Leenawaty.

 

Asri/rlls

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.