foto : berbagai sumber

foto : berbagai sumber

BESTTANGSEL.COM – Kemping di alam terbuka tak selalu melelahkan. Ada juga pilihan kemping mewah nan santai di Sukabumi untuk kabur sejenak dari hiruk pikuk perkotaan.

Padatnya aktivitas dan rutinitas di ibukota membuat diri kita butuh refreshing hati dan pikiran. Untuk mendapatkannya, traveler tak perlu pergi jauh-jauh dan repot dengan beragam persiapan.

Coba saja glamping (glamour camping) di Tanakita, Sukabumi, Jawa Barat. Lokasi persisnya berada di Kawasan Taman Wisata Gunung Gede Pangrango, sekitar 120 km dari Jakarta via Tol Jagorawi. detikTravel berkunjung ke sana akhir pekan kemarin.

Terbayang dong, setelah lelah beraktivitas dengan tingkat polusi udara yang kotor, penuh sesak dengan kemacetan, traveler dapat memanjakan diri dengan menghirup udara segar di alam terbuka. Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati beragam kegiatan outdoor untuk mengisi akhir pekan yang sangat seru dan cukup aman bagi semua orang termasuk anak kecil di Tanakita.

Glamping Tanakita ini berada di ketinggian 1.000 mdpl dengan suhu udara malam di kawasan bukitnya bisa di kisaran 16-19 derajat Celcius. Lokasi perkemahan ini terletak di sebuah bukit yang masih sangat asri di Sukabumi.

Tak perlu membawa peralatan kemping yang repot layaknya para pecinta alam yang siap mendaki gunung. Cukup membawa diri dan siap untuk berkemah di alam terbuka, dengan merogoh kocek Rp 550.000 per orang.

Traveler sudah mendapatkan fasilitas perkemahan bintang lima dari mulai tenda, sarapan, makan siang, makan malam, snack, kopi dan teh, WiFi, peminjaman gitar, hingga aktivitas outdoor yang akan bikin kamu mendadak berasa anak pecinta alam banget. Bahkan tersedia shower air panas juga lho untuk mandi saat kemah. Pokoknya dimanjakan banget deh!

Satu buah tenda yang kecil cukup untuk ditempati 2-4 orang. Bagian depannya dirancang untuk tempat menaruh barang-barang dan sepatu, sedangkan bagian dalam tenda di rancang untuk tempat istirahat dengan hamparan matras yang sangat tebal mirip spring bed, bantal, sleeping bag, dan juga colokan listrik.

Di pagi hari, pengunjung bisa memulai aktivitas dengan trekking pendek ke Danau Situ Gunung yang terletak sekitar 15 menit via jalan kaki dari perkemahan. Tapi saya bersama kawan-kawan lebih memilih untuk bermain river tubing dengan biaya Rp 150.000.

Saat malam harinya, traveler bisa duduk di sekitar api unggun sambil makan jagung bakar atau minuman tradisional bandrek khas Sunda yang sudah termasuk dalam paket kemping santai ini. Kalau langitnya cerah, maka malam-malam kamu di Tanakita akan dihiasi dengan gugusan bintang-bintang di langit.

Perkemahan yang satu ini benar-benar akan memberikan pengalaman berkemah yang simple dan praktis. Tentunya setelah pulang dari kemping itu tubuh pun kembali fresh untuk menghadapi rutinitas di ibukota.

 

 

 

Teks : detik.com

Foto : berbagai sumber