Kika: dr. Susilawati Arifin Bolang, MHA
CEO MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Amelia Hendra Business Group Head PT Siloam International Hospitals, Tbk, Vera Galuh Sugijanto, Vice President General Secretary Danone Indonesia, dr. Sarah Angelique MS., Government and External Scientific Affairs Lead, saat penyerahan bantuan pengadaan alat kesehatan, (24/4).

BESTTANGSEL.COM, JAKARTA-Danone Indonesia melalui Danone-Specialized Nutrition (SN) dan Danone-AQUA baru-baru ini mendukung pengadaan alat kesehatan berupa 3 (tiga) unit ventilator serta 10.500 boks produk hidrasi kepada Siloam Hospitals Group. Kerjasama senilai Rp 2.000.000.000 ini dilakukan dalam usaha bersama menanggulangi dampak penyebaran COVID-19 di Indonesia, termasuk membantu tenaga kesehatan dan pasien yang dirawat di rumah sakit.

“Di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini, kami berupaya untuk terus berkontribusi positif mulai dari memastikan keberlangsungan pasokan produk esensial bagi masyarakat, pencegahan penyebaran virus, serta mendukung sistem layanan kesehatan dalam penanganan pasien di rumah sakit. Kami ingin terus mendukung pemerintah dan masyarakat Indonesia dalam usaha bersama melawan penyebaran COVID-19 di Indonesia, termasuk melalui kerjasama dengan rumah sakit yang memegang peranan krusial dalam masa ini.” Jelas Vera Galuh Sugijanto, Vice President General Secretary Danone Indonesia di Jakarta (24/4).

Dukungan Danone Indonesia kepada Siloam Hospitals Group diberikan dalam bentuk bantuan dana pengadaan ventilator yang menjadi salah satu kebutuhan utama khususnya bagi pasien COVID-19 dengan kondisi tertentu seperti yang mengalami gangguan pernapasan berat, terutama pasien dengan usia lanjut atau memiliki preexisting conditions (kondisi penyakit bawaan) yang memiliki risiko kematian lebih tinggi. Siloam Hospitals Group merupakan salah satu grup rumah sakit yang secara aktif membantu pemerintah dalam penyediaan fasilitas untuk membantu penanggulangan COVID-19 di Indonesia.

Caroline Riady, Deputy President Director Siloam Hospitals Group menyambut dengan baik kerjasama ini dan menyatakan, “Kolaborasi berbagai pihak, termasuk antara perusahaan swasta dan rumah sakit, berperan penting di masa yang krusial ini. Kami menghargai inisiatif dan dukungan dari Danone Indonesia dalam pengadaan ventilator yang merupakan alat bantu pernapasan yang sangat dibutuhkan oleh pasien COVID-19.”

Tiga unit ventilator ini nantinya akan diberikan kepada dua rumah sakit khusus rujukan COVID-19, yaitu Siloam Hospitals Kelapa Dua dan Siloam Hospitals Mampang. Terlebih dari itu, Danone Indonesia juga mendukung kecukupan hidrasi para tenaga kesehatan dan pasien di rumah sakit dengan mendonasikan 10.500 boks produk air minum dalam kemasan AQUA yang akan tersebar di jaringan Siloam Hospitals di beberapa kota.

Bantuan ini akan mendukung usaha-usaha yang telah dilakukan Siloam Hospitals Group dalam penanggulangan COVID-19 yang saat ini turut terlibat aktif membantu pemerintah dalam usaha menghentikan penyebaran COVID-19 di Indonesia dengan menyediakan pelayanan swab test (dengan pilihan durasi hasil tes 24 jam, 72 jam, dan 7 hari) dan rapid test atau tes antibodi yang juga tersedia di 38 RS Siloam. Selain pelayanan tes, Siloam Hospitals Group juga telah selesai membangun dan sepenuhnya mengoperasikan dua rumah sakit khusus rujukan COVID-19, yaitu Siloam Hospitals Kelapa Dua (berlokasi di Tangerang dengan kapasitas 214 tempat tidur) dan Siloam Hospitals Mampang (berlokasi di Jakarta Selatan dengan kapasitas 415 tempat tidur).

Sejak awal dimulainya isu kesehatan ini, Danone Indonesia berkomitmen menyalurkan bantuan senilai total Rp 30 Miliar dalam beragam bentuk melalui kerjasama dengan berbagai pihak. Diantaranya kerjasama dengan pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menyediakan APD dan sarana sterilisasi, kerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk memproduksi dan membagikan disinfektan dan hand sanitizer, bantuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk pemerintah dan berbagai rumah sakit, hingga penyediaan makanan bergizi bagi tenaga medis dan kelompok rentan seperti pekerja non-formal lansia, ibu hamil, dan anak-anak berusia di atas satu tahun.

“Kami berharap bantuan ini dapat memperkuat komitmen dan kapasitas Siloam Hospitals Group serta seluruh tenaga kesehatan yang berjuang setiap harinya.” tutup Vera. (**)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.