BESTTANGSEL.COM, SERPONG – Bencana longsor terjadi di sejumlah wilayah Kota Tangerang Selatan. Satu diantaranya bantaran kali Angke di kawasan perumahan elit Nusa Loka BSD RT03/07 Kecamatan Serpong yang longsor sepanjang 50 meter.

Pantauan di lokasi, Minggu (21/02/2021), longsoran tanah dan pepohonan jatuh ke kali Angke yang melintasi kawasan itu. Bahkan tanah yang longsor nyaris memakan badan jalan di perumahan elit tersebut. Jarak longsoran ke rumah warga hanya sekitar tiga meter. Sementara bantaran yang amblas ke kali sekitar lima meter. Petugas dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Tangsel langsung melakukan pembersihan dengan memotong pelohonan yang jatuh ke kali.

Bencana yang terjadi Sabtu (20/02/2021) itu mengundang perhatian Alexander Prabu, Sekretaris Fraksi PSI DPRD Kota Tangsel. Sesaat setelah kejadian, dia langsung meluncur ke lokasi untuk melihat lebih dekat. Bahkan di hari berikutnya Minggu (21/02/2021), dia kembali datang ke lokasi longsor bersama pejabat Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan Sekretaris Camat Serpong.

Kepada wartawan, pria yang akrab disapa Alex mengatakan, longsoran yang terjadi di bantaran kali Angke kawasan Nusa Loka BSD itu cukup besar dan memabahayakan keselamatan warga. Apalagi jaraknya hanya tinggal tiga meter dari rumah-rumah warga.

Untuk menghindari terjadinya longsor susulan dan demi keselamatan warga, dia sudah menyampaikan kepada dinas terkait agar memasang policeline dan area itu segera dilakukan perbaikan.

“Kami sudah sampaikan agar perbaikan area longsor itu diprioritaskan, pihak dinas sudah menyanggupi tapi mereka nunggu lokasi longsoran kering dulu,” kata Alex, Minggu (21/02/2021).

Sambil menunggu dilakukan perbaikan, dia meminta dinas PU memasang bronjong sebagai penahan tanah agar tanah tidak terus tergerus air. Upaya itu perlu dilakukan mengingat hujan kemungkinan masih terus terjadi hingga akhir Februari mendatang.

“Ini penting agar tidak membahayakan warga sekitar,” terangnya.

Usai meninjau lokasi longsor di kawasan Nusa Loka BSD, Alex bersama dinas terkait juga meninjau lokasi longsor di kawasan Villa Dago Tol Pamulang.

Longsoran di kawasan tersebut, kata Alex, panjangnya mencapai sekitar 10 meter. Sedangkan jarak longsor ke rumah warga hanya sekitar empat meter.

Kondisi Bantaran yang longsor diterjang arus kali Angke di kawasan Perumahan Nusa Loka BSD.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.