BESTTANGSEL .COM, Jakarta – Sertifikat LSP (Lembaga Sertifikasi Person) berhasil diraih Pusat Standarisasi dan Mutual Nuklir (PSMN) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), berdasarkan keputusan Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Sertifikat Akreditasi nomor LSP-010-IDN per tanggal 24 Mei 2017 untuk lingkup Sertifikasi Personel Level 1 dan 2 Radiografi yang mengacu pada SNI ISO 9712: 2014 “Uji Tak Rusak – Kualifikasi dan Sertifikasi Personel,” diberikan langsung oleh Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) sekaligus Ketua KAN Bambang Prasetya, bersamaan dengan peluncuran LSP BATAN dan Temu Pelanggan 2016 Pusat Standardisasi dan Mutu Nuklir, di Kawasan Nuklir Batan, Pasar Jumat, Kamis 3 Agustus 2017.

Kepala BATAN, Djarot Sulistyo Wisnubroto mengatakan, tujuan sertifikasi personel adalah memberikan kepercayaan kepada seluruh pemangku kepentingan bahwa personel yang tersertifikasi telah memenuhi persyaratan dan sesuai dengan kompetensi yang ditentukan.

“Dengan adanya sertifikasi ini maka masyarakat akan menaruh kepercayaan penuh terhadap SDM yang ada di BATAN,” tambah Djarot.

Menurut Kepala PSMN, Budi Santoso, dari 6.831 orang yang mengikuti uji sertifikasi, hanya 3.881 yang berhasil lulus. “Bagi yang tidak lulus, masih berkesempatan untuk ikut uji kompetensi di periode berikutnya. Tetapi kami hanya memberikan 3 kali kesempatan,” ucap Budi.

“Hal ini dikarenakan BSN benar-benar melakukan uji sertifikasi sesuai dengan KAN, bukan uji sertifikasi abal-abal yang banyak terjadi saat ini,” ujar Bambang menambahkan.

Bambang menyimpulkan bahwa dengan semakin banyaknya LSP yang telah tersertifikasi, maka akan menghasilkan SDM yang unggul dan berkompeten sehingga semakin banyaknya tenaga kerja yang bisa diakui secara internasional.

 

Ashri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.