BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan -Memberi pengetahuan lebih jauh tentang nuklir pada mahasiswa, Universitas Pamulang (UNPAM) Tangerang Selatan menggandeng Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN, dan Badan Pusat Statistik Tangsel, hari ini, Selasa 12 November 2019, menggelar seminar Nasional bertema ‘Kiprah Pemuda dalam Menyongsong Era Nuklir di Indonesia’. Hadir sebagai nara sumber, Dr. Hendig Winarno M.Sc., Deputy Pemdayagunaan Teknologi Nuklir BATAN, dan R. Achmad Widijanto, S.Si, MM, Kepala Badan Pusat Statistik Tangsel.

Sekitar 1000 mahasiswa Unpam yang berasal dari berbagai Fakultas, hadir dalam seminar tersebut. “Ini sebagai upaya mengenalkan teknologi nuklir kepada mahasiswa. Sebelumnya, kami juga sering mengajak mahasiswa berkunjung dan melakukan penelitian di Puspiptek, salah satunya di BATAN. Penambahan wawasan tentang teknologi nuklir sangat penting, agar mahasiswa tahu lebih jauh apa manfaat nuklir bagi kehidupan,” tutur Dr. Syaiful Bahri, Dekan Fakultas Tehnik UNPAM Tangsel.

Dr. Hendig Winarno M.Sc., Deputy Pemdayagunaan Teknologi Nuklir BATAN (tengah), dan R. Achmad Widijanto, S.Si, MM, Kepala Badan Pusat Statistik Tangsel, (kiri).

Dalam kesempatan tersebut, Hendig banyak menjelaskan tentang pemanfaatan teknologi nuklir. “Nuklir bukan sesuatu yang harus ditakuti. BATAN telah memanfaatkan nuklir untuk kesehatan, yakni melalui radiofarmaka, di bidang pertanian, dengan menghasilkan padi, kedelai dan sorgum unggul, di bidang pengawetan kami memiliki radiator Gamma Merah Putih yang bisa mengawetkan makanan, buah, rempah bahkan obat-obatan melalui sinar radiasi. Melalui seminar ini BATAN berharap masyarakat akan lebih mengenal manfaat nuklir bagi kehidupan manusia,” papar Hendig.

Sementara itu, Achmad Widijanto dari Badan Pusat Statistik, menjelaskan bahwa catatan demografi penduduk sangat diperlukan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat. “Data demografi penduduk yang kami dapatkan dapat dimanfaatkan untuk penelitian BATAN, atau instansi lainnya, untuk itu kami siap bersinergi dengan semua stakeholder agar tujuan pembangunan bisa tercapai.”  (asri)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.