BESTTANGSEL.COM, Tokyo – Seorang perempuan Jepang bernama Masako Oishi (61) tewas diserang beruang saat sedang mengambil bambu liar di kawasan pegunungan Jepang.

Korban yang juga seorang asisten perawat tersebut ditemukan dengan bekas cakaran di bagian belakang kepalanya di kawasan pegunungan prefektur Akita yang diketahui banyak dihuni beruang.

Kejadian ini terjadi selang beberapa pekan setelah kepolisian setempat menerbitkan peringatan kepada warga yang tinggal di kawasan terpencil di pegunungan, agar selalu waspada akan kehadiran beruang.

Lewat selebaran yang  dibagikan, kepolisian memperingatkan warga akan bahaya serangan beruang di kawasan pedesaan Akita dan prefektur Aomori yang bertetangga. Aparat keamanan menganjurkan agar warga tak memasuki hutan dimana tempat beruang biasa mencari makanan.

Angka serangan beruang di Jepang saat ini meningkat dalam beberapa tahun belakangan. Tahun lalu, tiga orang tewas dalam jangka waktu tiga pekan di kawasan hutan Akita, tak jauh dari lokasi serangan kali ini.

Bambu muda sudah lama menjadi makanan favorit di Jepang terutama di musim-musim seperti saat ini. Banyak warga di wilayah utara Jepang mendapatkan nafkah dari menjual bambu muda.

Namun, bambu juga merupakan salah satu makanan kesukaan beruang di musim semi. Sehingga warga diimbau berhati-hati saat masuk ke hutan untuk mencari bambu.

Perubahan iklim juga mendorong meningkatnya serangan beruang di Jepang, karena hewan ini diketahui mulai meninggalkan habitat alaminya untuk mencari makanan.

 

BR/BS

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.