BESTTANGSEL.COM, JAKARTA – Gelora kebangkitan olahraga di tengah pandemi virus corona (Covid-19) tahun 2021 hingga di awal tahun 2022 tidak terlepas dari peran para inisiator olahraga prestasi yang tersebar di berbagai daerah Indonesia. Sentuhan langsung maupun melalui kebijakan yang mendukung olahraga prestasi para inisiator itu berbagai prestasi membanggakan dan kegiatan penting mampu dilaksanakan tahun 2021.

Di kancah internasional Indonesia mampu mempertahankan tradisi medali emas pada Olimpiade Tokyo, Jepang. Kemudian Tim Bulutangkis Indonesia berjaya merebut Piala Thomas.

Di dalam negeri Pekan Olahraga Nasional (PON) XX terselenggara secara sukses penyelenggaraan dan prestasi di Papua. Kemudian beberapa turnamen internasional berhasil diadakan di Tanah Air dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (Siwo PWI) Pusat melalui usulan Siwo PWI Daerah akan memberikan penghargaan kepada para inisiator olahraga pada kegiatan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022. Acara akan dilangsungkan saat pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Blitz Hotel Kendari, Sulawesi Tenggara

Penghargaan Inisiator Olahraga Indonesia diberikan kepada gubernur, bupati/walikota, pengurus KONIDA dan anggota legeslatif yang punya andil membangun, membina dan memajukan prestasi olahraga di daerah.

“Siwo PWI Pusat akan memberikan PENGHARGAAN INISIATOR OLAHRAGA INDONESIA kepada Gubernur, Pengurus KONI Provinsi dan Bupati/Walikota serta anggota legeslatif berdasarkan usulan dari Siwo-siwo Daerah. Siwo PWI Pusat yang telah membentuk Dewan Juri akan memilih para penerima penghargaan berdsar masukan dari Siwo-siwo daerah yang mengusulkan,” kata Ketua Panpel Gungde Ariwangsa yang juga Ketua Siwo PWI Pusat kepada wartawan,Kamis (3/2/2022), di Jakarta.

Menurut Ariwangsa,Siwo PWI Pusat tidak mengumbar dalam memberikan penghargaan. Ini tercermin dibentuknya Dewan Juri indipenden untuk melakukan penjurian terhadap sapasapa yang dinilai pantas terpilih menerima penghargaan, setelah mendapatkan masukkan terkait treck rekord dari mereka-mereka yang diusulkan oleh 35 Siwo daetah se-Indonesia.

” Kami hanya akan memilih tujuh gubernur, lima bupati/walikota, lima pengurus KONIDA dan empat anggota legeslatif untuk menerima Penghargaan Inisiator Olahraga Siwo PWI Pusat 2022,” tutur Ariwangsa. “Penjurian sangat ketat karena dari usulan Siwo Daerah begitu banyak dan kita hanya memberika kepada yang benar-benar telah berbuat untuk membangun, membina dan memajukan prestasi olahraga di daerah masing-masing,” lanjut Ariwangsa.

Acara Pengharaan Inisiator Olahraga Indonesia ini mendapat respon positif dari Menpora Zainudin Amali. “Beliau (Menpora Zainudin Amali) bahkan meminta kepada Siwo Pusat untuk mentradisikannya setiap tahun,” tegas. ” Para kepala daerah atau stake holder–sebagai pembina menurut Menpora Zainudin Amali memiliki peran sangat penting dalam pembinaan olahraga di Indonesia. Terutama menyangkut kebijakan anggaran di daerahnya masing-masing,” sambung Ariwamgsa.

Bahkan Menpora Zainudin menyatakan berkenan hadir langsung untuk menyerahkan Penghargaan Inisiator Olahraga Indonesia di Kendari Sulawesi Tenggara.

“Saya bersedia untuk menyerahkan penghargaan tersebut kepada para Inisiator Olahraga Indonesia di Kendari nanti,” kata Menpora ketika Audensi dengan Ketua Umum PWI Atal S Depari yang didampingi pengurus Siwo Pusat.

Ada pun beberapa nama nominasi telah masuk ke Dewan Juri, diantaranya Walikota Medan Bobby Afif Nasution dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang sukses mengantar Kontingen Jawa Barat mempertahankan juara umum di PON XX/Papua.  (red/*)

Leave a Reply