Sri Sultan Hamengku Buwono X (tengah), dan Founder Lippo Group Dr. Mochtar Riady (dua dari kanan), menggunting rangkaian bunga  meresmikan Siloam Hospital Yogyakarta, (15/1).

BESTTANGSEL.COM, Yogyakarta- Rumah sakit dengan dukungan peralatan mutakhir dan tim medis profesional yang berpengalaman harus dapat memberikan layanan prima, ramah, smart, safety dan bermutu lebih pada masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X saat meresmikan Rumah Sakit Siloam Yogyakarta di Jalan Laksda Adisucipto No.34, Yogyakarta, Rabu (15/1/2020).

“Dengan kecanggihan teknologi yang dimiliki, sudah semestinya menempatkan pasien sebagai subyek layanan, dan menjaga hubungan manusiawi dengan pasien,” ujar Sri Sultan HB X.

Sultan mengungkapkan, kecanggihan teknologi yang dimiliki Siloam harus seimbang dengan kualitas SDM dari para dokter dan paramedisnya. Teknologi bukan lagi menjadi dalih untuk berobat ke luar negeri, karena rumah sakit di Indonesia juga sudah memiliki peralatan mutakhir.

“Pasien Indonesia cenderung lebih percaya pada rumah sakit di Malaysia atau Singapura. Persepsi yang terbentuk adalah mitos suksesnya pengobatan di luar negeri lebih tinggi. Padahal, image itu belum tentu sepenuhnya benar,” ungkap Sultan.

Menurut Sultan ada dua hal strategis yang dapat untuk dpat menjawab tantangan diatas, di antaranya  tata kelola rumah sakit yang baik seperti fasilitas BPJS dan memberikan standar layanan yang baik pada seluruh pasien.

“Namun yang terpenting ialah meningkatkan mutu layanan dan keahlian spesialis dengan mengedepankan kesehatan utama pasien dalam sistem layanan medik total yang utuh, adil, ikhlas, dan hormat,” tutur salah seorang kerabat Sultan yang ikut hadir dalam acara tersebut.

Sementara itu Founder Lippo Grup Dr. Mochtar Riady menjelasakan, dengan berdirinya RS Siloam Yogyakarta diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang profesional bagi masyarakat.

“Ini merupakan wujud dari komitmen kami untuk mendukung program pemerintah yang tercakup dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Yogyakarta telah dapat memanfaatkan fasilitas tersebut,” jelas Dr. Mochtar Riady

RS Siloam Yogyakarta menyediakan berbagai fasilitas dan pelayanan seperti IGD 24 jam, Laboratorium Farmasi, Ruang Hemodialisa, Ruang Kemoterapi, Peralatan Medis MRI 1,5 Tesla, CT Scan dan Ultrasonografi. Selain itu untuk memudahkan pelayan kepada seluruh lapisan masyarakat, RS Siloam juga menghadirkan aplikasi mobile MySiloam yang dapat diunduh melalui Google Play maupun Apple Store. (rlls)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.