BESTTANGSEL.COM, BEKASI- Sering merasa nyeri di pinggang yang hilang timbul, atau selalu ingin buang air kecil? Waspada Anda terkena “batu ginjal”.

Batu ginjal adalah pengendapan mineral atau garam dalam urin yang mengkristal dan membentuk ‘batu’ di ginjal. Umumnya, batu ginjal sering dikaitkan dengan kurang minum karena saat tubuh terdehidrasi, mineral dan garam yang harusnya terbuang melalui urine akan mengendap. Pada kasus tertentu batu ginjal bisa menyebabkan kencing seseorang bercampur darah.

Seseorang dengan aktivitas tinggi sering kali mengalami dehidrasi. Kurang minum bisa menjadi penyebab seseorang mengalami batu ginjal.

Dokter Spesialis Urologi Eka Hospital Bekasi, dr. Andry Giovanny Sp.U., dalam edukasinya menyampaikan bahwa untuk menjaga tubuh agar terhindar dari batu ginjal di antaranya adalah dengan mengkomsumsi makanan dengan gizi seimbang, serta minum air putih 2,5 liter per hari.

“Jika kurang minum air putih maka warna urine akan pekat dan berbau, jika sering seperti ini dikhawatirkan seseorang akan mengalami batu ginjal. Untuk itu, hal tersebut sebaiknya menjadi tolok ukur bagi seseorang untuk minum air putih lebih banyak lagi.”

Mesin ESWL termodern di Layanan Terpadu Batu Ginjal Eka Hospital Bekasi.

Agar bisa tertangani dengan cepat, seseorang dengan gejala tersebut di atas sebaiknya segera melakukan screening awal batu ginjal di rumah sakit. “Sebaiknya segera melakukan screening agar bisa segera ditangani, sebab jika berlarut bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal,” ungkapnya bersamaan dengan diluncurkannya Layanan Terpadu Batu Ginjal Eka Hospital Bekasi, pada Kamis (17/06/2021).

“Saat ini, Eka Hospital Bekasi melayani tindakan Extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL) yakni salah satu tindakan penanganan awal pada pasien batu ginjal dengan cara memecah batu yang mengendap di ginjal menjadi pecahan yang halus agar mudah dikeluarkan oleh tubuh bersamaan dengan urine. Pemecahan batu ginjal ini dilakukan dengan teknologi gelombang kejut. ESWL merupakan tindakan penanganan batu ginjal yang aman karena dilakukan tanos (tanpa operasi) dan sayatan, serta tanpa memasukkan alat dan materi apapun ke dalam tubuh. Sebelum ESWL dilakukan, pasien akan menjalani pemeriksaan radiologi serta diberi obat penahan nyeri,” papar dr. Andry.

Eka Hospital Bekasi menyediakan layanan ESWL dengan penanganan yang komprehensif dari dokter spesialis. Tersedia dari Senin-Sabtu seharga Rp 8.990.000. Treatment ini sudah mencakup jasa konsultasi dokter, kamar one day care, serta obat dan alat-alat kesehatan selama menjalani treatment. Calon pasien dapat melakukan registrasi di nomor WhatsApp 0-8888-90-5555 maksimum pada h-1.

“Metode tanpa operasi (tanos) merupakan solusi yang dihadirkan Eka Hospital bagi pasien yang memerlukan penanganan batu ginjal tanpa proses pembedahan dan sayatan. Keuntungan lainnya adalah harga yang terjangkau serta menghemat waktu karena pasien bisa langsung pulang setelah melakukan ESWL. Dengan demikian, pasien tidak perlu merasa khawatir untuk memeriksakan diri dan menjalani prosedur pengobatan jika mengalami batu ginjal,” tambah Head of Marketing Corporate Eka Hospital, Erwin Suyanto. (Red/As)

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.