BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan- Social Distancing (pembatasan sosial) menjadi salah satu upaya pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19). Imbasnya, banyak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang gulung tikar, padahal kebutuhan keluarga bertumpu dari usaha tersebut. Untuk itu, mengurangi beban para UMKM yang terdampak aksi pembatasan sosial, Forum UMKM dan IKM Kreatif Tangerang Selatan melakukan Gerakan Kemanusian 19.

“Gerakan Kemanusiaan 19 merupakan aksi solidaritas antar pelaku UKM di Tangsel. Ini adalah gerakan sosial kemasyarakatan, yakni wadah berbagi antar anggota, serta membantu anggota yang membutuhkan bantuan akibat wabah virus corona,” tutur Nancy, Ketua Forum UMKM dan IKM Tangsel, Sabtu (21/3/2020).

“Saat ini banyak pelaku UMKM di Tangsel yang tutup akibat sepi pembeli atau customer karena pembatasan sosial ini, tentu saja kami merasa sedih dan Alhamdulillah dari kami ada yang mau memberikan sebagian rezekinya untuk membantu anggota UKM yang sedang krisis tersebut. Kami juga menerima sumbangan dari masyarakat umum atau para donatur yang mau membantu, bantuan akan kami berikan langsung kepada mereka yang membutuhkan,” papar Nancy.

Kordinator Gerakan Kemanusiaan 19, David, mengatakan, saat ini bantuan telah diberikan kepada UKM terdampak yang berada di wilayah Ciater, Pamulang Permai, Ciputat Timur, dan Sawah Baru.

“Kami masih akan terus menerima dan menyalurkan bantuan. Dan kami pun tetap mengikuti anjuran Pemkot Tangsel untuk melakukan social distancing, untuk itu para donatur atau pelaku UMKM yang ingin menyumbang bisa melalui transfer, dana yang masuk akan kami belikan kebutuhan pokok untuk kemudian disumbangkan, jadi kami tidak membuka posko atau sekertariat. Semoga bantuan bisa bermanfaat bagi para UKM yang memang benar-benar membutuhkan, sampai kita terbebas dari wabah covid-19 ini,” ujar David yang tak lupa mengucapkan terimakasih kepada para UKM dan donatur yang sudah ikut membantu. (As)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.