BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan -Mengkampanyekan gemar makan buah kepada masyarakat, istri Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sekaligus Ketua Umum Dharma Pertiwi, Nanny Hadi Tjahjanto, didampingi Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kemenristekdikti, Hasbiyah M. Nasir dan Kepala Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Sri Setiawati bersama dengan seluruh anggota Dharma Pertiwi melaksanakan penanaman pohon buah langka “Mangga Alpukat” di Taman Provinsi Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan, Selasa (9/7/2019).

“Makan buah itu sangat baik untuk kesehatan, untuk itu kami ingin mengajak semua masyarakat indonesia untuk makan buah, bahkan jika mungkin menanam sendiri buahnya. Tanah Indonesia itu sangat subur, ditanami apa saja bisa tumbuh. Kalaupun tidak memiliki halaman di rumah, kita bisa menggunakan media tanam pot, paling tidak kita menanam pohon pepaya atau tomat di halaman rumah. Selain itu kegiatan ini juga sebagai upaya melestarikan lingkungan,” tutur Nanny.

Istri Menristekdikti, sekaligus juga Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kemenristekdikti, Hasbiyah M. Nasir, saat menanam pohon buah di Kebun Botani Puspiptek Serpong, selasa (9/7).

Sementara itu, Kepala Puspiptek, Sri Setiawati menjelaskan, “Saat ini di Puspiptek telah tumbuh berbagai jenis tanaman langka di antaranya ada pohon buah, pohon kayu hingga pohon sawit. Penanaman yang dilakukan hari ini akan menambah koleksi tanaman buah unggulan yang ada di lingkungan Puspiptek.”

Sri juga mengatakan bahwa hari ini Puspiptek telah menyiapkan 1000 bibit unggul pohon buah langka. Di antaranya ada pohon buah Mangga Alpukat, Durian, Jambu Batu, Jambu Air, Manggis, Rambutan dan Nangka.

Kepala Puspiptek Serpong, Sri Setiawati (pegang gayung), saat menanam pohon buah di Kebun Botani Puspiptek Serpong, Selasa (9/7).

“Sejalan dengan fungsi kebun botani sebagai tapak pelestarian ex situ, Puspiptek akan terus melakukan penanaman jenis-jenis buah unggulan. Salah satunya adalah pohon Mangga Alpukat, (Mangifera Indical Var. Alpukat), sebagai jenis tanaman buah unggulan yang unik. Mangga ini terbilang langka karena hanya ditemukan di Pasuruan Jawa Timur. Mangga Alpukat merupakan tanaman buah menahun yang akan berbuah minimal sebanyak 1-2 kali dalam setahun,” ungkap Sri.

Menurut Sri, pusat penelitian Puspiptek telah menghasilkan beberapa tanaman buah di antaranya buah Pepaya California.

“Dinamakan Pepaya California biar laku di pasaran, karena masyarakat Indonesia masih import mainded, khawatir jika dikasih nama Pepaya IPB atau Pepaya Serpong, tidak laku dijual,” ucap Sri yang disambut tawa oleh Ibu Panglima.

 

Asri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.