BESTTANGSEL.COM, JAKARTA- Anis Byarwati melaksanakan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI kepada 150 tokoh masyarakat dan penggiat lingkungan di Rumah Peradaban, Kayu Manis, Matraman, Jakarta timur, (28/04).

Kegiatan ini berlangsung dengan antusiasme peserta yang tinggi, karena pemaparan Empat Pilar yg meliputi Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, Undang Undang Dasar [UUD] Negara RI Tahun 1945 serta Ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia [NKRI] sebagai Bentuk Negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan Negara, disampaikan dengan semangat, jelas dan interaktif.

Pada kesempatan ini, Dr Anis Byarwati yang juga Ketua Dewan Pimpinan Pusat [DPP] PKS Bidang Ekonomi dan Keuangan, menegaskan bahwa pelaksanaan sosialisasi dimaksudkan agar masyarakat dapat memahami secara utuh dan menyeluruh nilai-nilai yang di dalamnya dan melaksanakannya dalam kehidupan pribafi, berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. “Pemahaman dan implementasi terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar negara harus selalu ditumbuh kembangkan. Untuk mewujudkan cita-cita bangsa, menjadi negara Indonesia yang lebih baik”, tandasnya.

“Pancasila sebagai Dasar Negara merupakan dasar untuk mengatur penyelenggarakan negara dan seluruh warga negara Indonesia. Pancasila sebagai Ideologi bermakna bahwa Pancasila sebagai tuh dalam sistem kehidupan nasional yang meliputi aspek etika/moral, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan ketahanan dalam rangka mencapai tujuan dan cita-cita bangsa berlandaskan dasar negara.

“Sebagai konsensus nasional yang telah menyatukan beragam suku, bangsa, agama, sosial dan budaya masyarakat Indonesia, Pancasila adalah kunci persatuan bangsa dalam menghadapi berbagai tantangan kebangsaan dan dinamika zaman,” tegasnya.

Lebih lanjut, Anis juga memaparkan secara detail nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila pancasila, kemudian UUD 1945 sebagai dasar hukum negara, yang mengatur hubungan kekuasaan antar lembaga negara, “Indoensia merupakan negara yang menganut sistem demokrasi, dimana kekuasaan tertinggi sesungguhnya ada di tangan rakyat. Maka penting, masyarakat paham san cerdas dalam memilih wakil rakyatnya dan pemimpinnya, yang benar-benar menjalankan nilai-nilai empat pilar kebangsaan, karena hal tersebut sangat menentukan masa depan Indonesia”, tandasnya.

Anggota Komisi XI DPR RI ini, menjelaskan bahwa bentuk negara Idonesia yang merupakan Negara Kesatuan Republik ndonesia adalah bentuk negara yang dipilih sebagai bentuk komitmen para pendiri bangsa, hal ini juga tertuang dalam UUD 1945 Pasal 1 Ayat (1). Kemudian, Anis, juga menjelaskan pilar keempat yang merupakan, Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia yang mengungkapkan rasa persatuan dan kesatuan yang berasal dari keberagaman. “Dalam prosesnya konsep kebinekaan ialah persatuan keberagaman dengan titik persetujuan. Di mana harus menjunjung tinggi kepentingan bersama, menegakkan toleransi dan menghormati perbedaan, serta mengedepankan semangat musyawarah untuk mufakat,” jelasnya.

Menutup pemaparannya, Dr. Anis Byarwati yang menjabat sebagai Wakil Ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR RI ini, mengatakan, “Empat Pilar Kebangsaan ini akan menjadi nilai dan kekuatan bangsa jika semua warga negara dapat menjalankannya dalam kehidupan pribadi, berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara”, pungkasnya. (red/*)

Leave a Reply