BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan-
Pagelaran wisuda selalu menjadi moment istimewa dan dinantikan bagi siswa menjelang akhir tahun ajaran. Namun pada masa pandemi ini, banyak sekolah merubah konsep wisuda menjadi virtual untuk menghindari penyebaran virus Covid 19. Seperti yang dilakukan Sekolah Islam Terpadu (SIT) AULIYA, Bintaro. Kegiatan wisuda bagi siswa KB, TK, SD, SMP dan SMA dilakukan secara daring melalui applikasi zoom pada 20 dan 21 Juni 2020.

Mengambil tajuk “AULIYA Virtual Graduation 2020”, kegiatan ini menampilkan konsep unik dan berbeda. “Kami ingin mempersembahkan sebuah moment wisuda yang memorable dan bukan hanya megah, khidmat namun memberikan sentuhan personal sehingga menjadi kenangan yang tak terlupakan bagi wisudawan dan orangtua,” ungkap Kurniasih Mufidayati yang akrab disapa Fida, selaku Direktur SIT AULIYA.

Konsep megah terlihat dari studio yang dibuat khusus untuk penyelenggaraan event ini. Aula Masjid Abdul Hamid SDIT AULIYA disulap menjadi 3 studio eksklusif untuk menampilkan secara langsung sambutan pengurus Yayasan dan Sekolah serta tampilan MC. Studio Utama dibuat layaknya Academy Award, dengan karpet merah dan hiasan taman dilengkapi dengan latar mewah bernuansa emas bertabur bintang bertuliskan AULIYA VIRTUAL GRADUATION.

“Kita ingin acara ini terkesan seperti perayaan wisuda di gedung, sehingga kita ciptakan suasana yang bisa mendukung baik di studio maupun dirumah” tambah Fida.

Bukan hanya di studio, orangtua dan calon wisudawan juga menata ruangan dirumah mereka masing-masing dengan membuat berbagai hiasan pernak-pernik wisuda seperti balon dan lain-lain yang ditampilkan sebagai latar saat hadir dalam ruang virtual. Meski dilakukan secara berjauhan, namun kegiatan AULIYA Virtual Graduation dirasakan sangat personal baik oleh orangtua maupun siswa. “Konsep acara yang disajikan betul-betul melibatkan anak dan orangtua yang dirumah, jadi kita berasa kaya di gedung pertemuan,” ungkap Ibu Henny, orangtua dari SMAIT AULIYA.

Sebelum prosesi berlangsung, dilakukan penyerahan pelaksanaan pemindahan toga yang biasanya dilakukan oleh Ketua Yayasan, kini diserahkan pada orangtua dirumah. Ketika MC membacakan nama siswa yang akan diwisuda, orangtua langsung melakukan proses tersebut dengan penuh khidmat. Peserta wisuda lainnya yang hadir di ruang virtualpun dapat menyaksikan prosesi setiap anak melalui tampilan dua layar pada aplikasi zoom mereka. Selain itu, tayangan-tayangan video yang disajikan dalam acara ini juga dibuat sangat kreatif untuk membawa suasana semakin khidmat dan haru.

“Awalnya Saya tidak terbayang, apakah
wisuda secara virtual akan sekhidmat wisuda biasanya, tapi keraguan itu hilang setelah mengikuti AULIYA Virtual Graduation. Kesan sangat mendalam terasa sekali bagi kami dirumah,
khidmat, haru, bahagia bercampur menjadi satu, rasanya bukan seperti virtual graduation,” ungkap Bunda Tsuraya, siswa SMPIT AULIYA.

Di akhir acara siswa yang terkena spotlight oleh operator dapat menyapa guru-guru dan teman-teman mereka secara langsung secara virtual. Kegembiraan terpancar dari raut wajah mereka saat ditampilkan satu persatu dilayar zoom. “AULIYA Virtual Graduation ini sungguh luar biasa, dikemas dengan sangat baik dan indah. Audio yang jelas, lighting yang cukup dan kekompakkan pengisi acara membuat kami merasakan wisuda yang meriah ditengah pandemi covid-19.

Tak ketinggalan, pihak sekolah juga memberikan kenang-kenangan seperti bucket berisi snack, souvenir kaos wisuda, jaket, plakat, dan property untuk foto. Meski mereka harus menjalani
wisuda dirumah, namun moment ini menjadi kenangan yang terindah dan tak terlupakan. (Laela Ratnasari, S.Sos/As)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.