BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan – Pesan berantai atau broadcast lewat aplikasi WhatsApp terkait penggalangan dana bantuan gempa Sulawesi Tengah (Sulteng) beredar. Penggalangan dana ditujukan kepada masyarakat di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang diserahkab ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

“BPBD tidak menerima bantuan. Hati-hati lho,” ungkap Sekretaris BPBD Kota Tangsel, Suhandini saat dikonfirmasi wartawan Rabu (3/10/2018).

Pesan berantai ditujukan kepada pejabat di kelurahan hingga tingkat pengurus lingkungan penduduk. Lurah ditugasi menggalang dana bantuan uang dan bahan makanan kepada para dermawan.

Suhandini memastikan bahwa pesan surat imbauan di atas ilegal. Sebab, surat edaran instruksi walikota telah menunjuk Dinas Sosial Kota Tangsel sebagai lembaga resmi yang melaksanakan penggalangan bantuan kemanusiaan bagi korban bencana di Palu dan Donggala.

“Kalau masalah bantuan bpbd tidak menerima karena sudah sesuai yang ditunjuk walikota,” ujar Suhandini.

Menurutnya, pesan berantai atau pun penggalangan dana kerap dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk meraup keuntungan pribadi. “Dibuat dan dimanfaatin oleh orang-orang yang nggak dikenal,” tambahnya.

 

Asri/Yud

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.