BESTTANGSEL.COM, TANGERANG -Sekitar 400 orang warga Pagedangan Kabupaten Tangerang, tampak tertib mengantri untuk memeriksa kesehatannya di Pondok Pesantren  Darul Faalihin. Para warga yang dominan lansia ini, mendapat kesempatan melakukan pemeriksaan kesehatan gratis mulai pemeriksaan gula darah, tekanan darah, kolesterol, hingga kesehatan gigi.

“Kegiatan bakti sosial ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial perusahaan dalam hal ini Sinar Mas Land, untuk dapat memberikan manfaat terhadap masyarakat, khususnya yang berada di kawasan sekitar BSD City. Kali ini Sinar Mas Land mencoba untuk berkolaborasi dengan Yayasan Muslim Sinar Mas, Yayasan Buddha Tzu Chi, Eka Hospital, Eka Tjipta Foundation, dan UPT Puskesmas Pagedangan,” tutur Dhony Rahajoe selaku Managing Director President Office Sinar Mas Land sekaligus juga Ketua Harian Yayasan Muslim Sinar Mas, di sela baksos pemeriksaan kesehatan gratis tersebut, Sabtu (29/06/2019).

Menurut Dhony, kolaborasi ini merupakan yang pertama kalinya, dan bertujuan untuk membangun toleransi dan keberagaman yang ada di wilayah BSD City. “Kegiatan ini merupakan bagian dari Silaturrahim Antar Umat, melalui program Berdikari, Sehat dan Damai (Satu BSD), yang bertujuan untuk menanamkan sikap toleransi antar umat beragama. Selain itu, tentu saja melalui kegiatan ini kami berharap masyarakat Pagedangan menjadi lebih sehat.”

Hadir dalam kegiatan tersebut, mewakili Camat Pagedangan, Badrul Munir menyatakan terimakasih dan mengapresiasi Sinar Mas Land yang mau berpartisipasi menjaga kesehatan masyarakat Pagedangan. “Semoga kegiatan ini bisa rutin dilaksanakan dan menyentuh kegiatan sosial lainnya. Kami berharap kolaborasi ini bisa terus terjaga sehingga bisa banyak memberikan manfaat bagi masyarakat.”

Bakti sosial melibatkan tenaga kerja medis dari yang terdiri dari 8 dokter umum (4 orang dari Yayasan Buddha Tzu Chi, 3 orang dari Eka Hospital, 1 orang dari UPT Puskesmas Pagedangan), 6 dokter gigi (4 orang dari Yayasan Buddha Tzu Chi dan 2 orang dari Eka Hospital), 6 perawat (3 orang dari Eka Hospital, 2 orang dari Yayasan Buddha Tzu Chi dan 1 orang dari UPT Puskesmas Pagedangan) serta 3 apoteker (1 orang dari Yayasan Buddha Tzu Chi, 1 orang dari Eka Hospital dan 1 orang dari UPT Puskesmas Pagedangan).

Maksimalkan program CSR bagi masyarakat sekitar BSD City

Dhony Rahajoe selaku Managing Director President Office Sinar Mas Land sekaligus juga Ketua Harian Yayasan Muslim Sinar (Kiri), dalam kesempatan itu juga mewaqafkan 100 Al Quran kepada Pondok Pesantren Darul Faalihin, (29/06).

Sebelumnya, pada Bulan Ramadan lalu Sinar Mas Land melalui salah satu proyeknya yakni BSD City juga menyelenggarakan kegiatan bakti sosial. Acara tersebut berlangsung di MTsN 5 Tangerang Cijantra, Pagedangan, Tangerang, Banten. Kegiatan itu diisi oleh bazaar murah, perlombaan religi, ceramah Ramadan, pengobatan gratis hingga cukur rambut gratis untuk anak yatim dan kaum dhuafa.

Sinar Mas Land memahami pentingnya tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat sekitar BSD City, hal ini dibuktikan dengan beberapa kegiatan CSR yang telah dilakukan seperti bidang Pendidikan, lingkungan, hingga pemberdayaan UMKM untuk masyarakat. Dalam bidang Pendidikan, Sinar Mas Land bersama Techpolitan memberikan program beasiswa koding kepada warga sekitar BSD City agar dilatih menjadi programmer handal. Pemberian program beasiswa ini diberikan kepada para siswa yang telah lulus SMA atau SMK (sekolah menengah kejuruan).

Kegiatan sosial lintas agama di BSD City, sebagai upaya tingkatkan toleransi antar umat.

Dalam mendukung upaya pelestarian lingkungan, Sinar Mas Land telah menyelenggarakan program penghijauan Stadion Benteng Taruna, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, dengan menanam 1.000 batang pohon di kawasan pusat olahraga tersebut. Tidak hanya itu, perusahaan juga melakukan sejumlah kegiatan dalam upaya merealisasikan Program CSR Bidang Lingkungan, yaitu Festival Hijau, rutin diselenggarakan sejak tahun 2004. Kegiatan ini merupakan upaya dari Sinar Mas Land dalam mengampanyekan, menginisiasi, melatih, membina, dan sebagai bentuk gerakan moral, penghargaan, dan promosi terhadap semua aspek lingkungan hidup.

Indonesia memiliki banyak sekali pengusaha mikro-kecil dan menengah. Mereka juga salah satu motor pertumbuhan ekonomi. Hanya saja, para pengusaha mikro, khususnya, masih membutuhkan uluran tangan dari pemerintah dan pelaku usaha yang sudah lebih dulu besar. Untuk itu, Sinar Mas Land menggelar program “Pasar Rakyat School” di Pasar Modern BSD City. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi khususnya UMKM. Pesertanya adalah para pedagang Pasar Modern BSD City yang diberi pembekalan pengetahuan dan materi seperti pengembangan usaha kecil, pengenalan bahan berbahaya yang terdapat di bahan pangan dan lain-lain.

 

Asri

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.