BESTTANGSEL.COM, TANGERANG SELATAN – Hujan lebat yang mengguyur Kota Tangsel Senin tadi, mengakibatkan banjir hebat di beberapa perumahan, salah satunya di Komplek Puri Bintaro, Senin, (23/10/2017).

Dari pantauan sekitar pukul 18.30 WIB, banyak pemukiman penduduk yang terendam. Ketinggian air rata-rata mencapai 0,5 hingga 1 meter, kondisi demikian membuat warga bersiap menghadapi hal terburuk dengan mengungsi jika genangan air terus meninggi.

Mirisnya, banjir yang kerap datang di musim penghujan sudah dianggap hal biasa bagi masyarakat sekitar.

Ketua RW  22 Puri Bintaro Indah, M Natsir (50) mengatan, banjir di beberapa wilayah Kota Tangsel terjadi karena hal yang relatif sama. Drainase dan kanal-kanal penyalur air, menjadi faktor utama guyuran hujan meluber menggenangi jalan serta rumah warga.

“Kami sudah 10 tahun mengalami hal ini, dan masalah banjir nggak akan selesai jika ditangani secara tuntas, apa penyebabnya, ya itu drainase, Situ dan kanal-kanal resapan air harus direvitalisasi lagi. di perumahan ini ada 350 Kepala Keluarga (KK), hampir 70 persen warganya memiliki anak balita, kalau banjir terus kan kesehatan anak-anak juga terancam,” ungkapnya.

Sebenarnya persoalan drainase buruk dan kanal-kanal air menjadi tanggung jawab penuh dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Tangsel. Namun hal itu tak pernah tertangani secara utuh, banjir demi banjir pun terus terjadi jika hujan turun.

“Gorong-gorong got, aliran air di sekitaran pemukiman perlu dinormalisasi dan direvitalisasi agar dapat menampung debit air saat hujan deras,” jelas Dian Wiryawan, Staf Kesiapsiagaan BPBD Tangsel di lokasi banjir berbeda, Bumi Pamulang Indah, Pamulang Barat.

 

BR

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.