BESTTANGSEL.COM, JAKARTA-Bersinergi dengan AstraZaneca, MRCCC Siloam Hospitals Semanggi mengadakan Webinar “Kelanjutan Perawatan Kanker di Indonesia” pada Sabtu (11/7). Webinar yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat, khususnya pasien kanker di Indonesia yang tetap harus melanjutkan pengobatannya di masa pandemi Covid-19 ini, menghadirkan 3 pembicara, yakni dr. Cut Putri Arianie, MD. M.H.Kes dari Kementerian Kesehatan, dr. Adityawati Ganggaiswari, M. Biomed selaku Direktur MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, dan dr. Sita Laksmi A., Ph.D, Sp. P (K) selaku dokter spesialis Kanker Paru MRCCC Siloam Hospitals Semanggi.

“Dimasa pandemi seperti ini, akan sulit bagi pasien kanker untuk melanjutkan pengobatannya. Bagi pasien kanker yang biasa melakukan pengobatannya di luar negeri, dengan adanya aturan lock down dari negera-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura tentu mengakibatkan pengobatan pasien kanker menjadi tertunda, untungnya saat ini penanganan penyakit kanker di Indonesia sudah setara dengan negara lain,” ujar dr. Adityawati Ganggaiswari, M. Biomed, Direktur MRCCC Siloam Hospitals Semanggi.

Dia juga mengatakan bahwa biaya perawatan pasien kanker, khususnya kanker paru sangat bervariasi tergantung jenis terapi yang dijalankan. Namun jika membandingkan biaya pengobatan kanker di luar negeri, maka akan jauh lebih hemat di Indonesia. Misalnya pengobatan kemoterapi yang harus dilakukan secara terus menerus.

“Saat ini MRCCC Siloam Hospitals Semanggi memiliki fasilitas perawatan kanker secara komprehensif. Kami memiliki fasilitas pemeriksaan Imunohistokimia (IHK) yang spesifik untuk jenis kanker tertentu (Non Small Cell Lung Carcinoma (NSCLC) yaitu TTF-1, Napsin-A, P63). Selain itu, kami juga memiliki metode terapi target yang digunakan untuk menyasar sel kanker secara spesifik melalui pemeriksaan IHK (ALK PD-L1) dan pemeriksaan molekular (EGFR). Tak hanya itu, MRCCC Siloam Hospitals Semanggi juga memiliki fasilitas Radiotheraphy, PET CT, Cryotheraphy, dan Bronchoscopy. Sedangkan untuk pengembangan kedepannya akan ada pemeriksaan IHK : ROS1 dan MET, sebagai kelanjutan jika terjadi resistensi,” paparnya.

Dia juga menjelaskan, “Bagi para pasien kanker yang ingin melanjutkan pengobatan kankernya di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, tidak perlu ragu karena MRCCC menjalankan protocol skrining yang ketat baik untuk pasien yang akan menjalani tindakan atau operasi, maupun yang akan rawat inap, dan skrining untuk penunggu pasien juga pengunjung rumah sakit,” ungkapnya.

Berlokasi strategis di pusat kota Jakarta, MRCCC Siloam Hospitals Semanggi merupakan rumah sakit swasta pertama di Indonesia yang menyediakan pelayanan untuk menangani berbagai macam penyakit kanker mulai dari deteksi dini, bedah dan terapi, hingga perawatan paliatif.

MRCCC Siloam Hospitals Semanggi merupakan rumah sakit modern dan nyaman, didukung para dokter spesialis bedah onkologi dan sub-spesialis onkologi, serta tenaga medis kompeten dan berpengalaman untuk memberikan pelayanan medis prima secara tepat, efektif, dan menyeluruh demi upaya penyelamatan dan pemulihan pasien.

Peralatan medis mutakhir, seperti PET-CT Scan, LINAC dengan teknologi RapidArc, MRI, dan CT Scan 256 Slice juga dihadirkan untuk menunjang pelayanan kepada pasien.  (rlls/Ast)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.