20161105_110017-620x330-situ-bungurBESTTANGSEL.COM- Situ Bungur yang berada di Jalan Menjangan RT 01/RW 03 Kelurahan Pondok Ranji, Kecamatan Ciputat Timur, menjadi pusat perhatian warga Tangsel untuk menyaksikan acara tahunan yang menghadirkan berbagai macam lomba di lokasi tersebut.

Pelaksanaan festival situ bungur ini merupakan rangkaian kegiatan pelaksanaan HUT tangsel ke 8, yang bertujuan untuk membangun kesadaran rakyat terhadap lingkungan hidup bahwa  terdapat fungsi dan manfaat dari Situ.

Lurah Pondok Ranji, Mukroni mengaku sangat berterimakasih kepada Pemkot Tangsel atas apresiasinya terhadap kelestarian Situ Bungur, dengan menggelar Festival Situ Bungur 2016 yang keempat kalinya ini.

“Tentunya ini memberikan manfaat yang cukup besar, dengan menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap lingkungannya, festival ini juga menjadi pemersatu budaya dan adat,”ucapnya Minggu (07/11/2016)

Kepala Kantor Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kota Tangsel, Yanuar, mengatakan, Pesta Rakyat Situ Bungur kembali digelar dalam rangka membangun kesadaran masyarakat,terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup dan kearifan lokal. Utamanya fungsi dan manfaat dari keberadaan Situ Bungur serta Budaya Betawi.

“Selain menjadikan Situ Bungur ini sebagai destinasi wisata yang murah dan menyenangkan, tujuan kami yang paling utama yakni membangun kesadaran warga sekitar, terkait dengan pentingnya fungsi dan manfaat Situ Bungur. Kedua, melestarikan kebudayaan Betawi sebagai ciri khas masyarakat Kota Tangsel,” kata Yanuar.

Dijelaskan Yanuar, sumber daya alam yang utama bagi manusia adalah tanah, udara serta air. Keberadaan Situ Bungur sendiri menjadi salah satu daerah resapan air Kota Tangsel yang perlu dijaga kebersihannya untuk menjamin kualitas airnya agar tetap baik.

Dalam pelaksanaan festival Situ Bungur ini, pengunjung bisa menyaksikan sejumlah perlombaan,  mulai dari palang pintu, lomba mancing bersama, mulung sampah hingga penampilan lenong Betawi yang dimeriahkan komedian Azis Gagap. Selainitu juga terdapat jajan- jajanan rakyat dengan harga yang terjangkau.

 

Teks : Iyar

Foto : Istimewa