BESTTANGSEL.COM, SETU – Pemerintah Kota Tangerang Selatan terus berusaha untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia melalui berbagai pelatihan. Serta menjadikan ekonomi kreatif sebagai andalan perekonomian sekaligus meningkatkan pembangunan infrastruktur yang ada di Tangerang Selatan.

 

Hal itu disampaikan oleh Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie saat menghadiri safari pembangunan yang berlokasi di Widya Bakti Puspiptek, Setu, pada Senin (05/12).

“Safari pembangunan ini sebagai bentuk laporan atau saya menyampaikan apa saja yang sudah dicapai, apa yang belum dan kendalanya,” ujar Benyamin.

Pandemi Covid-19 selama dua tahun ini tentu mengakibatkan pelambatan maupun penurunan dari sisi ekonomi. Tetapi Pemkot terus berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi salah satunya dengan cara mendorong sektor-sektor ekonomi kreatif dan menciptakan lapangan- lapangan kerja baru.

“Meskipun laju pertumbuhan ekonomi dan PDRB Tangerang Selatan 2022 sudah mengalami peningkatan yang signifikan. Pemkot terus melakukan langkah-langkah nyata untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan mendorong sektor-sektor ekonomi kreatif. Sektor ini menjadi salah satu andalan kita sekarang dan untuk masa yang akan datang,” ungkapnya.

Benyamin menyampaikan bahwa kota Tangerang Selatan adalah Kota perdagangan dan jasa maka dari itu diharapkan adanya pelatihan-pelatihan untuk mengembangkan keterampilan masyarakat sehingga lahir pelaku usaha baru.

“Walaupun Tangsel bukan daerah industri, daerah pariwisata tapi Tangsel punya ekonomi kreatif yang bisa diandalkan untuk perputaran ekonomi di masa yang akan datang,” tambah Benyamin.

Pemkot Tangsel juga mengusahakan adanya pelatihan Digital Marketing untuk menunjang keahlian pelaku usaha UMKM di era sekarang. Karena perputaran uang yang terjadi di dunia pemasaran digital begitu besar.

Dilanjutkan Benyamin, permasalahan infrastruktur dan lingkungan hidup di Tangerang Selatan juga masih menjadi catatan penting dan perhatian dari Pemerintah Kota Tangsel.

Di sisi lain upaya yang dilakukan Pemkot membuahkan hasil yang mana turunnya Angka Pengangguran dari sekitar 8,6 persen menjadi 6,59 persen, pertumbuhan rata-rata sekolah naik dari 11,82 menjadi 11,84. Lalu, angka harapan hidup tahun 2022 meningkat dari 72,47 tahun menjadi 72,78 tahun dikarenakan kondisi lingkungan yang baik serta makanan dan minuman yang sehat.

Tak hanya itu, Pemkot ingin mewujudkan sektor pendidikan yang berkualitas, serta memberikan fasilitas dan pelayanan pendidikan yang layak untuk masyarakat Tangerang Selatan. Pemkot juga memberikan beasiswa di sekolah negeri maupun swasta, tanpa khawatir tidak sekolah karena terbatas oleh zonasi.

“Saya juga sudah melakukan beberapa hal di tahun 2022 diantaranya membangun 6 sekolah dasar, 2 smp negeri, dan 2 TK negeri Pembina, serta merehab 48 SD Negeri, 11 SMP Negeri, ujar Benyamin.

Tak hanya itu Pemkot Tangsel juga memberikan 2500 beasiswa untuk siswa SMP yang berprestasi kemudian di tahun depan akan ditambah 5000 beasiswa untuk siswa berbakat dan anak yatim piatu. (red/*)

Leave a Reply