BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan -Pemerintah Kota Tangerang Selatan terus menambah sarana dan prasarana pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas). Fasilitas yang tersebar di tujuh wilayah kecamatan ini nantinya pada masing-masing wilayah terdapat puskesmas unggulan yang menyediakan pelayanan rawat inap.

Kali ini penambahan sekaligus peresmian gedung berlangsung di UPT Puskesmas Lengkong Wetan yang dibangun menggunakan APBD 2015-2016. Terdapat unit laboratorium dan layanan kegawatdaruratan, satu analis dengan jumlah 27 pegawai. Diantaranya terdiri atas, dua orang dokter umum, satu dokter gigi, lima bidan, tiga tenaga perawat yang siap bertugas melayani masyarakat sekitar.

“Insya Allah pada tiga bulan persiapan atau akhir tahun 2018 akan menjadi puskesmas rawat inap ,” ungkap Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany di Jalan Perum GSB Kampung Perigi RT 03 RW 009, Lengkong Wetan, Kecamatan Serpong, Jum’at, 29 Desember 2017.

Diharapkan kedepannya pelayanan kesehatan di kota pemekaran dari Kabupaten Tangerang ini bisa lebih baik lagi. Sistem terus dibenahi, sumber daya manusia terus ditingkatkan. Sarana dan prasarana yang baru ini mesti diimbangi dengan pelayanan maksimal serta optimal.

Walikota Airin bilang, senyum setiap menghadapi saat melayani pasti harus menjadi kunci dan pedoman para pelayan kesehatan. Pasalnya orang yang datang ke pusat perbelanjaan dengan puskesmas atau rumah sakit suasana kebatinannya berbeda.

“Jadi kalau ke mall itu mau gimana senang aja. Tapi kalau ke puskesmas atau rumah sakit suasananya susah dan panik,” bilangnya. Walikota Airin tegaskan, para pegawai di puskesmas punya kewajiban bertugas menenangkan keluarga para pasien yang berkunjung sesuai dengan standar operasional yang berlaku.

Menurutnya, pembangunan fasilitas Puskesmas Lengkong Wetan ini bertujuan untuk mempermudah jarak tempuh kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat sekitar.

“Mudah-mudahan ini menjadi salah satu solusi, bisa menjadikan masyaratnya lebih sehat lagi,” harapnya. Walikota Airin mengutip pandangan Wakil Presiden Jusuf Kalla, bahwa semakin sedikitnya warga yang datang ke puskesmas atau rumah sakit menandakan masyarakatnya sehat.

Sebelumnya di lokasi yang sama, pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Suhara Manulang, mengatakan bahwa pembangunan Puskesmas Lengkong Wetan merupakan menjadi bagian dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021. Sesuai dengan target rencana strategis, dari 35 puskesmas hingga sekarang sudah tersedia 29 puskesmas.

“Tahun ini ada empat puskesmas yang sudah diresmikan. Dan 2018 mendatang sesuai arahan bertambah lagi lima puskesmas,” katanya. Menurut Suhara, pemilihan puskesmas unggulan bertujuan untuk mengurai pasien agar tidak menumpuk di Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangerang Selatan.

Ditambahkannya, di Puskesmas Lengkong Wetan juga menjadi sarana transit bagi pasien tersangka penderita difteri. Pun pemberian vaksinasi bagi masyarakat berumur 1-19 tahun bisa dilayani.

 

Asri/rlls

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.