BESTTANGSEL.COM, JAKARTA- Grup RS Siloam pada hari ini merayakan 17 tahun berdirinya RS Jantung Diagram dengan tema #17YearsSavingLifes&ManyYearsToCome. Perayaan ini sekaligus mengukuhkan komitmen Grup RS Siloam untuk terus melayani masyarakat Indonesia terutama dalam bidang pelayanan kardiologi. Hingga kini, RS Jantung Diagram telah melayani lebih dari 50.000 pasien rawat inap, lebih dari 450.000 pasien rawat jalan, dan berhasil melakukan lebih dari 20.000 prosedur kateterisasi jantung dan pemasangan stent jantung, serta lebih dari 400 operasi bedah jantung terbuka (open heart surgery).

Dalam perayaannya kali ini, RS Jantung Diagram membuka beberapa layanan baru seperti Pusat Informasi Kesehatan Jantung dan Otak (Heart and Brain Information Center), Stroke Unit (tim medis multidisiplin untuk penanganan pasien stroke), dan Klinik Dental Eksekutif.

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 dan 2018 menunjukkan tren peningkatan penyakit jantung yakni 0,5% pada 2013 menjadi 1,5% pada 2018. Untuk mengatasi masalah tersebut, Kemenkes RI melakukan penguatan pada layanan primer melalui edukasi penduduk, pencegahan primer dan sekunder, serta meningkatkan kapasitas serta kapabilitas layanan primer.

Sejalan dengan langkah yang diambil oleh Kemenkes RI, RS Jantung Diagram secara berkesinambungan berupaya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat melalui peningkatan fasilitas serta sarana dan prasarana untuk penyakit jantung dan pembuluh darah, baik untuk pelayanan kuratif maupun preventif dan promotif.

Menyadari bahwa masyarakat umum sering kali mengalami kesulitan dalam mencari informasi yang tepat terkait gejala penyakit yang diderita dan bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-17, RS Jantung Diagram membuka layanan Pusat Informasi Kesehatan Jantung dan Otak (Heart and Brain Information Center) dengan tujuan untuk menyediakan berbagai informasi dan edukasi yang lengkap, akurat, dan kredibel terkait penyakit jantung dan otak. Selain itu, RS Jantung Diagram juga menyediakan wadah komunikasi untuk pasien maupun masyarakat umum yang akan menjalani tindakan bypass jantung melalui komunitas penyintas tindakan bypass jantung.

Selain itu, melansir Centers for Disease Control and Prevention, penyakit jantung menjadi salah satu kondisi yang sangat berkaitan dengan penyakit stroke dan salah satu penyakit jantung yang berisiko menyebabkan stroke adalah gangguan pembuluh darah. The Global Stroke Factsheet tahun 2022 pun mencatat risiko seseorang mengalami serangan stroke meningkat sebanyak 15% dalam 17 tahun terakhir. Dalam 2 dekade terakhir, insiden stroke meningkat sebesar 70% dan tingkat kematian akibat stroke meningkat sebesar 43%. Apabila tidak segera ditangani, gejala stroke dapat menyebabkan kerusakan otak dan pembuluh darah yang lebih tinggi, bahkan hingga kerusakan permanen.

Dengan tingginya risiko stroke di masyarakat dan dengan layanan unggulan yang dimiliki, RS Jantung Diagram membuka layanan Stroke Unit, yang terdiri dari tenaga medis multidisiplin yang bekerja sebagai tim untuk menangani pasien dalam waktu kurang dari 30 menit sejak pasien dengan gejala stroke tiba. Tim Stroke Unit juga memberikan pelayanan yang komprehensif bagi pasien stroke, termasuk di antaranya pengobatan terapi, perawatan stroke akut hingga kronis, serta layanan rehabilitasi medis pasca stroke.

Layanan tambahan Klinik Gigi Eksekutif juga turut diperkenalkan kepada masyarakat dalam peringatan 17 tahun RS Jantung Diagram. Kini, masyarakat Cinere dan sekitarnya juga bisa mendapatkan perawatan gigi di klinik tersebut yang didukung oleh dokter gigi yang berpengalaman di bidang konservasi gigi, periodonsia dan protodonsia, serta ortodenti.

Selain itu, dalam rangkaian acara ulang tahunnya, RS Jantung Diagram juga mengadakan acara bakti sosial, yaitu kunjungan ke panti wreda pada tanggal 4 Juli dan donor darah untuk masyarakat di daerah Cinere dan sekitarnya pada tanggal 12 Juli 2023.

Direktur RS Jantung Diagram, dr. Hoyi Siantoresmi, MARS menyampaikan, ”Kami berterima kasih atas dukungan dari semua pihak yang memungkinkan kami terus melayani masyarakat selama 17 tahun. Kami berharap kehadiran kami dan dengan pelayanan kesehatan yang terus kami kembangkan dapat turut serta mencapai Indonesia yang lebih sehat.”

RS Jantung Diagram beroperasional pada tahun 2006 dan resmi bergabung ke dalam jaringan Grup RS Siloam sejak tahun 2012. RS Jantung Diagram didirikan dengan visi untuk meningkatkan pelayanan penyakit jantung dengan fasilitas yang komprehensif serta tenaga medis yang berkualitas.

RS Jantung Diagram merupakan rumah sakit tipe B dengan layanan unggulan di bidang jantung dan pembuluh darah. Didukung lebih dari 60 dokter spesialis, lebih dari 100 perawat dan tenaga medis, RS Jantung Diagram melayani lebih dari 3.000 pasien per bulannya. (red/rlls)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply