dr. Astri Indah Prameswari, SpP, FISR Dokter Spesialis Paru dan Pernapasan Eka Hospital BSD

BESTTANGSEL.COM, SERPONG-Berdasarkan data dari IQAir pada pertengahan Juni lalu. Tangerang Selatan, berada di peringkat pertama dalam daftar kota dengan polusi terburuk. Padahal, tingkat polusi udara yang tinggi bisa memicu penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA). Bahkan, jika dibiarkan, bisa berujung pada penyakit yang lebih parah.

Hal ini sebagaimana dikatakan oleh dr. Astri Indah Prameswari, SpP, FISR Dokter Spesialis Paru dan Pernapasan Eka Hospital BSD, dalam kegiatan media gathering pada, Kamis, (27/06).

“Gangguan saluran pernafasan, bisa berupa ispa, bisa gangguan saluran pernafasan akut, kemudian kalau lagi flue berat bisa jadi Pneunomia. Atau untuk orang orang yang sensitif kena asma, asmanya bisa kambuh. Dan, jika lama dibiarkan bisa menjadi penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), bahkan kanker paru,” ujar Astri.

Agar bisa terhindar dari penyakit saluran pernafasan, Astri membagikan tipsnya, sebagai berikut :

“Tipsnya yang pasti jaga kesehatan dulu, kita tingkatkan imun tubuh kita, kemudian pake masker dan hindari area area yang otomatis polusinya tinggi. Ini biasanya bisa kita pantau pakai parameter air quality indeks, atau kalau di rumah kita bisa mengaktifkan air purifier, atau membuka jendela agar sirkulasinya menjadi lebih baik,” tutup Astri. (red/*)

Leave a Reply