BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan – Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Ciputat Tangerang Selatan, merupakan salah satu kampus yang dipilih oleh Kementrian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia untuk melakukan kampanye sosial program pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (KAT), Selasa 17 Oktober 2017.

Direktur Perberdayaan KAT Kementerian Sosial RI, Drs. Hasbullah M.Si., KAT adalah komunitas orang yang berada di kawasan tertinggal, mereka ini rentan dan cenderung kesusahan.

“Kami sampaikan kepada mahasiswa UIN Jakarta supaya mereka tahu, bahwa ternyata di Indonesia banyak suku bangsa yang hidup di pedalaman dan sangat tertinggal,” jelasnya.

Dalam pemberdayaan KAT, Kemensos berpendapat bahwa aspek keterpencilan yang menyebabkan terbatasnya aksesbilitas pelayanan sosial dasar di lokasi.

Kebijakan teknis pemberdayaan KAT secara terus menerus dikembangkan dan diarahkan kepada empat pilar yaitu pertama, peningkatan jangkauan dan kualitas pemberdayaan sosial KAT.

Kedua peningkatan dan penguatan SDM, sosial budaya, ekonomi dan lingkungan komunitas adat terpencil, ketiga peningkatan peran pemerintah daerah, kelembagaan masyarakat dan perangkat pelayanan sosial tingkat lokal, empat peningkatan peran aktif masyarakat dan kemitraan dunia usaha.

Populasi persebaran KAT di Indonesia berdasarkan data tahun 2017 sejumlah 231.268 KK, yang sudah diberdayakan ada 103.336 KK, sedang diberdayakan 3.955 KK dan yang belum diberdayakan sebanyak 123.997 KK.

“Intinya studi kamu mengkampanyekan ini agar instansi lain bisa berkontribusi sehingga ada akselerasi pemberdayaan. Dengan kata lain kami ingin mengajak para mahasiswa untuk melakukan KKN di lokasi-lokasi keberadaan KAT,” pungkasnya.

 

Asri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.