BESTTANGSEL.COM, JAKARTA Memperingati Hari Lansia yang jatuh setiap 1 Oktober, Komunitas Lansia Indonesia (KLIBSA) menggelar Festival Senam Lansia di Halaman Kantor Balai Kota DKI Jakarta, kemarin. Kompetisi Senam yang diikuti oleh komunitas lansia se-Jabodetabek tersebut mendapat dukungan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, dan lembaga sosial Aksi Cepat Tanggap (ACT).

“Setiap manusia berhak untuk hidup sehat dan bahagia, untuk itu KLIBSA ingin lansia Indonesia memiliki aktivitas yang bisa menunjang kesehatan dan kemandirian para lansia. Senam adalah salah satu upaya menjadikan lansia Indonesia tetap sehat dan bugar. Kami KLIBSA juga telah menciptakan berbagai gerakan senam yang cocok dan dianjurkan untuk lansia, gerakan senam lansia inilah yang saat ini yang dilombakan,” tutur Sylvia Djardjis Husman, Founder sekaligus juga Ketua Pembina KLIBSA, Sabtu (19/10/2019).

Deputy Kemenpora, Raden Isnanta, melakukan pemukulan gong meresmikan festival senam lansia, (19/10).

Menurut Sylvia, KLIBSA sudah terbentuk sejak 2015 lalu di Tangerang Selatan, dan hingga saat ini masih aktif. “Namun kami ingin KLIBSA bisa sampai ke semua wilayah di Indonesia. Ini sebagaimana visi misi KLIBSA yakni melayani dan melindungi para lansia Indonesia agar hak dasar mereka sebagai warga emas dipenuhi.”

Sylvia juga menjelaskan, “Tidak hanya mengajak para lansia untuk hidup Bahagia, Bugar, Sehat dan Aktif, KLIBSA juga secara paralel akan membangun rantai industri bagi pelaku ekonomi di rantai ini, di antaranya wellness, farmasi, hospitality, pariwisata, keuangan dan teknologi informasi. Kami ingin KLIBSA juga membawa dampak sosial dan ekonomi di Indonesia.”

Sylvia Djardjis Husman, Founder sekaligus juga Ketua Pembina KLIBSA, (kerudung putih), memberikan plakat kepada ACT.

Hadir di kegiatan tersebut, Deputy Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Raden Isnanta, menyatakan dukungannya akan kegiatan yang dicetuskan KLIBSA. “Pemerintah akan selalu mendukung semua kegiatan positif yang dilakukan oleh komunitas masyarakat, termasuk KLIBSA. Kami akan selalu memfasilitasi kegiatan KLIBSA, di antaranya penggunaan area Taman Kota untuk tempat bersenam. Ini adalah kegiatan yang sangat positif pemerintah akan terus mendukung.”

Tidak hanya berkompetisi, para lansia yang hadir juga berkesempatan untuk mengecek kesehatan oleh tim medis ACT, serta bermain bersama dan beramah tamah dengan sesama lansia. (Asri)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.