BESTTANGSEL.COM, JAKARTA- Senyuman terukir manis di wajah para penerima daging kurban dari Sahabat Adara. Melalui program “Kurban Melangit, Berkah Mendunia”, Adara menyalurkan daging hewan kurban, yaitu kambing dan sapi.

Tahun 2022 ini, 35 kambing dan 7 sapi di Gaza, 3 kambing dan 2 sapi di Al-Quds, 2 sapi di Tepi Barat, 44 kambing dan 18 sapi di wilayah pengungsian Palestina dikurbankan dan dibagikan kepada masyarakat.

Sebanyak 2.000 orang di Al Quds dan Tepi Barat, 10.400 orang di Gaza, serta 23.995 warga Palestina di Pengungsian Lebanon telah menerima daging kurban yang diamanahkan oleh Sahabat Adara.

Melalui siaran persnya, Sabtu (23/07), Direktur Eksekutif Adara Relief International, Sri Vira Chandra dalam kesempatan menyalurkan langsung paket kurban kepada pengungsi di Lebanon mengatakan, “Pengungsian ini ditempati 30.000 warga Palestina dalam kondisi yang memprihatinkan. Kurban dari Sahabat Adara sangat membahagiakan mereka yang hanya bisa makan daging saat momen Hari Raya Idul Adha saja.”

Penjajahan di Palestina membuat perekonomian penduduknya berjalan lambat. Satu setengah juta penduduknya bergantung pada bantuan dari luar negeri, sedangkan kian hari bantuan yang masuk ke Palestina semakin surut. Untuk itu, Adara juga memiliki penawaran paket daging kurban beku (frozen). Dengan tetap berpegang teguh pada syariat, hewan kurban disembelih pada Hari Raya Idul Adha dan Hari Tasyrik kemudian dibekukan dan dikemas sesuai standar, lalu didistribusikan sepanjang tahun di Palestina.

Sebanyak 174 paket kurban frozen dari 25 ekor sapi telah disembelih di tiga negara, yaitu Australia, Brazil, dan India. Wilayah pengungsian Palestina di Lebanon menerima 139 paket kurban frozen dan warga Gaza menerima 35 paket kurban frozen.

Seperti tahun sebelumnya, Adara juga menyalurkan daging kurban ke wilayah pedalaman Indonesia. Tahun ini, sebanyak 35.109 orang tercatat sebagai penerima manfaat paket kurban yang terdiri dari 37 ekor kambing di Lembata, 24 kambing di Baranusa, 1 ekor sapi di Belu, 10 ekor sapi Borong, Manggarai Timur, 3 ekor sapi di Pota, Manggarai Timur, dan 9 ekor kambing di Sumba Timur.

Keistimewaan lain juga hadir pada program kurban tahun ini. Adara juga menggalang program Sedekah Hewan Kurban untuk Da’i Mualaf di Pedalaman NTT, Ustaz Zakariya. Ini menjadi moment kebahagiaan bagi Ustaz Zakariya yang melewati masa-masa awal hijrahnya dengan penuh perjuangan, harus berpindah-pindah hingga akhirnya menetap di Desa Noelbaki, Kupang-NTT. Selama 15 tahun, Ustaz Zakariya menyebarkan agama Islam di Desa Noelbaki. Perjuangan hijrahnya menginspirasi kita untuk tetap menjadi pelita di tengah masyarakat. Dari program ini, sebanyak 2 ekor kambing telah disedekahkan untuk Ustaz Zakariya dan warga muslim lainnya di wilayah Noelbaki, Kupang, NTT.

Selain kurban, Sahabat Adara juga berpartisipasi dalam program ‘Hadiah Hari Raya untuk Anak dan Perempuan Palestina’. Sebuah kepedulian yang akan menjadikan momen Idul Adha mereka menjadi lebih bermakna. Sebanyak 277 paket Hadiah Hari Raya yang diberikan kepada 262 anak dan 70 perempuan telah dibagikan ke wilayah pengungsian di Lebanon. Dengan demikian, total penerima manfaat pada program Kurban Adara tahun ini adalah 71.504 orang. (Red/rlls)

Leave a Reply