Dalam menjalankan ibadah puasa tentunya asupan makanan juga perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan efek yang tidak bagus bagi kesehatan tubuh.

Di bulan suci ramadhan sudah pasti seluruh umat muslim di dunia wajib untuk menjalankan ibadah puasa, namun yang perlu kita sadari saat berpuasa juga sangat penting dalam menjaga asupan makanan kita.
Menjaga asupan bukan berarti tidak boleh memakan makanan yang diinginkan, akan tetapi mempertimbangkan makanan yang kita makan merupakan tindakan yang cukup baik demi menjaga kesehatan tubuh.
Salah satunya adalah memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi, apalagi pada saat menjalankan ibadah puasa, pastinya tubuh kita memerlukan asupan yang baikagar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Apa saja sih yang perlu kita pertimbangkan dalam memilih asupan buat tubuh kita disaat kita sedang menjalankan ibadah puasa. Yuk kita simak apa saja makanan yang perlu dihindari pada saat berpuasa.

 

Makanan berlemak
Sebenarnya lemak juga merupakan asupan penting yang bisa memberikan energi bagi tubuh. Namun jika makanan dengan kadar lemak yang terlalu tinggi, justru tidak baik untuk kesehatan. Meskipun makanan berlemak biasanya cukup lezat untuk disantap, tapi sebaiknya dihindari ketika puasa. Makanan seperti jeroan, bersantan, daging berlemak, gorengan, kulit ayam sebaiknya dihindari pada saat berbuka puasa maupun makan sahur.

Kalaupun memakannya, cukup sedikit saja jangan terlalu banyak. Makanan dengan lemak berlebihan harus dijauhi karena akan sulit dicerna tubuh. Selain itu, makanan seperti ini juga bisa menyebabkan masalah pada lambung.

 

Makanan pedas
Umumnya hampir seluruh orang di Indonesia menyukai makanan pedas. Namun makanan yang terlalu pedas juga merupakan makanan yang harus dihindari saat sahur dan berbuka. Usahakan untuk mengurangi tingkat kepedasan dari makanan yang dikonsumsi, meskipun makanan pedas dapat menggugah selera namun bisa membuat gangguan perut. Dalam jangka panjang, terlalu sering mengonsumsi makanan pedas juga dapat mengakibatkan kerusakan pada dinding lambung.

 

Makanan yang terlalu manis
Ketika berbuka memang kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan manis, karena dapat mengembalikan kadar gula dalam tubuh dengan segera. Tetapi jangan asal manis, pilihlah makanan yang mengandung rasa manis alami seperti buah-buahan atau kurma. Makanan yang terlalu manis dan mengandung kadar gula tinggi dapat memicu penyakit diabetes.

Makanan yang harus dihindari saat puasa tersebut sebaiknya Anda perhatikan ketika membuat daftar menu makanan selama puasa. Dengan mengonsumsi makanan yang tepat, maka puasa yang dijalani juga akan selalu sehat.

Semoga informasi yang kami sajikan dapat berguna bagi Anda semua. Selamat menjalankan ibadah puasa ya.

TEKS : Berbagai Sumber
FOTO : Berbagai Sumber