BESTTANGSEL.COM, TANGSEL – Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2021 ini menjadi momentum para insan pers meningkatkan semangat di tengah pandemi Covid-19.

Semangat perlu ditingkatkan, lantaran pandemi Covid-19 sangat berdampak pada insan pers. Mulai dari berkurangnya kesejahteraan, hingga perusahan media yang gulung tikar dihantam Covid-19.

Ketua PWI Kota Tangerang Selatan Periode 2020-2023 Ahmad Eko Nursanto mengatakan, peringatan HPN 2021 ini berduka, lantaran adanya Covid-19 turut menghambat kinerja insan pers lapangan.

“HPN 2021 ini sungguh bermakna dan berduka, karena saat ini kita masih dalam kondisi wabah Covid-19. Dampaknya kepada teman-teman pers sangat terasa. Mulai dari menghambat kerja wartawan di lapangan hingga soal kesejahteraan,” kata Eko, Selasa (9/2/2021).

Dengan dampak tersebut, adanya pandemi Covid-19 ini juga menjadi salah satu ujian dalam menjalankan profesi wartawan yang berusaha mencari informasi di lapangan untuk masyarakat.

“Kita diuji sebagai wartawan menjalankan profesi di tengah wabah ini. Artinya seberapa kuat kita sebagai wartawan memiliki jiwa seorang jurnalis. Ini ujian. Kita yakin, temen-teman wartawan, dengan HPN ini mengembalikan semangat, sama-sama bangkit di tengah pandemi Covid-19,” ungkap Eko.

“Banyak hal yang harus kita lakukan agar kita tetap bisa memberi informasi berkualitas, sehingga masyarakat juga tahu perkembangan terkini terutama soal Covid. Wartawan juga harus ikut sosialisasi disiplin protokol kesehatan agar tak terpapar Virus Covid-19,” sambung Eko.

Eko menuturkan, dampak wabah Covid-19 sangat terasa lantaran banyak perusahaan media yang merumahkan karyawannya bahkan hingga gulung tikar.

“Di sini peran pemerintah untuk empati kepada wartawan dan perusahaanya yakni dengan memberikan stimulus. Harusnya ada solidaritas dari pemerintah terhadap wartawan yang aktif dalam menginformasikan perkembangan di wilayahnya, terutama di Tangsel,” tuturnya.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, Eko berharap, semangat jurnalistik para insan pers atau wartawan di Tangerang Selatan tak pernah padam.

“Bagi temen-teman yang masih aktif, tolong tetap jaga protokol kesehatan saat bertugas di lapangan. Yakin, pandemi Covid-19 ini segera berakhir,” tutupnya.

Diketahui, peringatan HPN 2021 ini dilaksanakan di DKI Jakarta sebagai tuan rumah. Gelaran tahunan yang diperingati setiap 9 Februari itu dilaksanakan secara daring dengan tema ‘Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi Bersama Pers Sebagai Akselerator Perubahan’. (**)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.