BESTTANGSEL.COM, JAKARTA-Masjid Agung Al Azhar yang terletak di Jl. Sisingamangaraja kawasan kota administrasi Jakarta Selatan terus menyelenggarakan kegiatan dalam rangka berkhidmat kepada ummat melalui beberapa tajuk pengajian berbasis Online, meskipun Ramadhan tahun ini sangat berbeda karena situasi pandemi virus corona belum tuntas.

Sebelum waktu Magrib tiba,kegiatan rutin d Masjid Agung Al Azhar adalah, Tausiyah harian secara on-line yg diisi oleh da’i Nasional. Selain tausiyah menjelang berbuka dengan tajuk “Mutiara Ramadhan”, ada juga Podcast, yang dilakukan secara online. Waktunya adalah siang hari pukul 9.30.dengan Tajuk “Inspirasi Ramadhan”. Ust Agus NurQowim (UAN) sebagai salah satu Da’i Muda Al Azhar juga diberikan kesempatan untuk mengisi salah satu kegiatan Podcast dengan Judul: Inspirasi Ramadhan: Al Qur’an,Solusi di Saat Pandemi,Mudahnya Tahsin dan Menghafal”. Kegiatan on-line lain adalah “Oase Ramadhan”, yang diselenggarakan pada 10 malam hari terakhir dimulai pada pukul 20.00 wib.

Selain menyelenggarakan beberapa pengajian online, Masjid Agung Al Azhar Jakarta Selatan juga menyiapkan Takjil sebanyak 300 bungkus untuk dibagikan kepada hamba Allah yang sedang berpuasa.

Takjil yang diberikan berupa roti, kurma dan air mineral, setelah dikemas menjadi satu, Takjil dibagikan dengan sistem Drive Thru kepada siapa saja yang melintasi Masjid Agung Al azhar saat itu.

Menurut Ustadz Agus Nur Qowim,salah seorang Imam Tetap Masjid Agung Al Azhar, sekaligus salah satu Koordinator Panitia Romadhon dan Idul Fitri Masjid Agung Al Azhar yang langsung mengamati di lapangan, Pembagian Takjil dengan sistem Drive Thru sangat efektif untuk menerapkan social distancing, karena yang datang untuk mengambil takjil langsung melanjutkan perjalanan.

Takjil tersebut dibagikan di Pintu Barat dan Timur Masjid Agung Al Azhar. Tidak butuh waktu lama, kurang dari satu jam, 300 Takjil yg disiapkan sudah habis dibagikan.

Setelah pendistribusian takjil selesai, Para Pejuang Takjil,Yakni Marbot Masjid Agung Al Azhar, bersama pengurus masjid lainnya mempersiapkan diri untuk berbuka puasa dan tetap mengikuti protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, yang intinya menjaga jarak, cuci tangan, dan menggunakan masker, ujar Ustad memaparkan.

Kegiatan Shalat Traweh dan Shalat Jumat selama masa PSBB ditiadakan dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid. Akan tetapi,shalat 5 waktu dan adzan tetap diselenggarakan.

Alhamdulillah,semua program Romadhon diantaranya kegiatan pengajian online dan pembagian takjil berjalan lancar. Ketua Ramadhan, Pengurus Masjid Agung Al Azhar dan timnnya menyampaikan terima kasih kepada para donatur yang sudah menyisihkan sebagian rizkinya demi suksesnya kegiatan Romadhon Masjid Agung Al Azhar tahun ini.

Ustadz Agus beserta keluarga Besar Al Azhar berharap dan berdoa semoga ramadhan tahun ini berjalan lancar, dan donatur yang peduli bertambah rezkinya, serta virus corona segera menghilang sehingga bisa beraktivitas dan beribadah secara normal. (rlls/AA)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.