BESTTANGSEL.COM, PAMULANG- Dosen Universitas Pamulang (UNPAM) bersama para mahasiswa dari Program Studi D-III Sekretari Kembali menyelenggaraan kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat). PKM digelar selama 2 hari, 16-17 Mei 2022, di SMK YASISKA Tangerang Selatan. Adapun tema PKM kali ini membahas bagaimana cara menumbuhkan jiwa entrepreneur di era digital Pada tenaga pengajar/guru dan staf SMK Yasika Tangsel.

Ketua PKM, Turkamun, M.H., menjelaskan, “Perkembangan ekonomi kreatif tidak dapat terlepas dari generasi muda sebagai “gudang” kreativitas.Generasi muda adalah sumber daya produktif yang dengan ide keratifnya dapat membuka sebuah usaha (wirausaha) yang juga membantu pemerintah dalam mengurangi tingkat pengangguran di angkatan kerja produktif. Semakin banyak anak muda yang berkecimpung di dunia wirausaha, semakin banyak pula produktifitas yang dihasilkan sehingga berdampak pula pada meningkatnya perkembangan ekonomi nasional.”

“Salah satu bentuk kreatifitas bisa melalui kewirausahaan. Kewirausahaan adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat, dan sumber daya untuk mencari peluang sukses. Memiliki jiwa entrepreneur berarti mendorong adanya mental yang mandiri, kreatif, inovatif, bertanggung jawab , disiplin, dan tidak mudah menyerah, seperti layaknya seorang wirausahan ketika memulai usahanya dari bawah. Alangkah baiknya jika sifat-sifat ini dilakukan pada generasi muda yang notabenya adalah jiwa petualang, penuh ide, dan menyukai tantangan secara umum memiliki kesamaan dengan konsep wirausaha yang menjawab tantangan secara umum memiliki kesamaaan dengan konsep wirausaha yang menjawab tantangan dan memanfaatkan peluang,” paparnya.

Lanjut Turkamun, “Saat ada Pandemi Covid 19 di Indonesia pada tahun 2020 diperlukan wirausaha-wirausaha yang cukup kuat untuk meningkatkan perekonomian suatu negara. Wirausaha harus dapat bersaing dan selalu bisa untuk menaikkan produktivitasnya. Salah satu caranya adalah dengan kreativitas dan inovasi.”

Dalam PKM kali ini melibatkan tenaga pengajar/guru dan staf SMK Yasiska Tangsel yang berlokasi di Jalan Jl. Aria Putra No.44 Rt 09/10 Kedaung Pamulang Tangerang Selatan. “Tujuan Pengabdian kepada masyarakat ini untuk mendorong generasi muda agar Kreatif dan Inovatif guna mendukung kegiatan dan aktivitas melakukan berwirausaha. khususnya kepada tenaga pengajar/guru dan staf SMK Yasika Tangsel agar mempersiapkan diri menghadapi tantangan global dan membantu kegiatan kewirausahaan terkhusus pada masa masa pandemik,” ungkap Turkamun.

Pada hari ke 1 pelaksanaan PKM ini diisi dengan sambutan dan ramah tamah serta penjabaran secara global materi PKM pada kesempatan kali ini para peserta dijelaskan mengenai Pengertian , syarat berjalannya, fungsi dan manfaat dari Kewirausahaan itu sendiri, SMK YASISKA menerapkan penggabungan atau kolaborasi yang harmonis antara kemampuan akademik yang didapatkan melalui proses pendidikan dan kemampuan kewirausahaan (intrepreuneur) yang kedepannya diharapkan mampu menjadi penyokong sendi ekonomi individu sehingga bisa mencapai kemandirian dalam segi ekonomi.

Kepala sekolah SMK Yasika Tangerang Selatan, Ismul bathni, S.T. M.Pd. dalam sambutannya mengatakan bahwa di SMK Yasika Tangerang Selatan telah di terapkan blended learning atau penggabungan pengajaran dan kewirausahaan sejak lama. Pembelajaran yang menitik beratkan kepada aspek kognitif dan aspek motorik dalam bentuk pelaksanaan kewirausahaan sehingga diharapkan kedepannya akan bisa terbentuk pribadi yang tidak hanya bagus dalam bidang keilmuan tapi juga baik di bidang kewirausahaannya, dan diharapkan akan mendatangkan kesuksesan dikemudian hari.

Kehadiran para dosen dalam melaksanakan PKM dalam memberikan materi Mengembangkan Kreatifitas Inovasi Dan Peluang Untuk Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur Di Era Digital di SMK Yasika Tangerang Selatan memberikan nuansa yang sangat positif bagi para peserta, sehingga semuanya tanpa terkecuali memahami materi Mengembangkan Kreatifitas Inovasi Dan Peluang untuk Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur Di Era Digital di SMK Yasika Tangerang Selatan.

“Semoga kita semua bisa memanfaatkan barang disekitar kita yang kurang bernilai menjadi barang yang memiliki nilai jual lebih dan bisa mendatangkan keuntungan dan keberkahan pada kita semua),” terang Ismul Bathni.

Hari ke-2 Zaki Zainal Arifin, S.S., M.Pd. memberikan pemaparan materi kepada para peserta di SMK Yasika Tangerang Selatan mengenai interpreuneur (kewirausahaan) yang terangkum berikut ini :

Pengertian entrepreneur secara umum, dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam berfikir kreatif, imajinatif. Dari hasil kreativitas dan pemikiran imajinatifnya akan melarhikan ide bisnis dan membangun sebuah usaha. Dimana usaha itulah yang akan memberikan dampak kepada masyarakat disekitarnya, membuka lapangan kerja dan intinya memberikan manfaat bagi orang lain. Dengan kata lain, entrepreneur adalah jiwa yang inovatif yang mampu mengelola apa yang terjadi di kanan kirinya menjadi sesuatu yang lebih bernilai. Dalam dunia wirausaha, seorang entrepreneur sebagai seseorang yang melakukan aktivitas wirausaha.

Dijelaskan juga beberapa Pengertian Entrepreneur Menurut para Ahli seperti menurut Zimmerer dengan konsep risk taking nya, lalu menurut Prof. Dr. J. Winardi, SE entrepreneur tidak sekedar memiliki jiwa kreatif dan imajinatif. Tetapi juga memiliki karakteristik yang meliputi sebagai berikut :

fokus Pengendalian : Para entrepreneur memiliki keyakinan bahwa merekalah yang akan menentukan nasib mereka sendiri, maka mereka menggerakan dirinya sendiri, tentu saja dengan caranya sendiri-sendiri.

Tingkat Energi Tinggi : Seorang entrepreneur memiliki rasa percaya diri yang tinggi disertai dengan kerja keras dan ekstra demi keberhasilan.

Memiliki Motivasi Berprestasi : Karakteristik seorang entrepreneur adalah memiliki kebutuhan tinggi akan prestasi. Bentuk prestasi yang dimaksud tidak melulu prestasi akademik, tetapi lebih ke pencapaian pada tujuan yang menantang.

Berani Terhadap Risiko : Seorang entrepreneur memiliki mentalitas baja. Mereka tidak takut dengan risiko besar. Meskipun demikian, mereka juga tetap bisa mentolerir ketidakpastian yang tinggi.

Berorientasi Pada Action : Ciri yang terakhir, seorang entrepreneur sangat menghargai waktu dan tidak rela menghamburkan waktu berharga mereka. Maka tidak heran jika mereka bekerja cepat dan tidak ada kata santai.

Analogi yang tentang entrepreneur dari Rhenald Kasali. Ketika Seorang entrepreneur yang baik, mereka selalu bisa melihat peluang.

Berikut ini ada beberapa Tips untuk Menjadi Entrepreneur yang baik 

1 Jangan Bicara Bahagia-Bahagia Di Awal Menjalankan Usaha

2. Menjalankan Bisnis Dengan Senang

3. Tidak Harus Punya Modal

4. Konsisten Menjalankan Bisnis

5. Berfikiran Long Term Tidak Boleh Short Term

6. Bisnis Tidak Boleh Statik

7. Jangan hanya Mengejar Uang

Lalu acara dilanjutkan dengan melakukan penandatangan Implementation Agreement (IA), penyerahan plakat penghargaan dan sesi foto bersama antara kelompok PKM dengan pihak SMK Yasiska dan tetap dengan melaksanakan protokol kesehatan. Kegiatan PKM ini dilakukan sebagai upaya untuk dapat mengajarkan tentang etika dan kode etik para peserta didik, sekaligus menjadi sesi penutup acara PKM kita.

“Semoga kegiatan PKM ini juga bisa menjadi jembatan silaturahmi yang insya Allah akan mendatangkan keberkahan, panjangnya umur dan melimpahnya rezeki. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan ajang mensosialisasikan terhadap pencegahan dan meminimalisir terjadinya penularan Covid-19. Semoga melalui kegiatan ini bisa terjalin hubungan silaturahmi yang baik, sehingga kami bisa kembali bersinergi di masa yang akan datang. Pastikan kita semua menjaga ‘’kesehatan, konsumsi makanan yang sehat dan minum vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh dari virus,” tutup ketua PKM, Turkamun, M.H. (Red/Ls)

Leave a Reply