BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan – Menginspirasi masyarakat dan generasi muda untuk mencintai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mendorong semangat inovasi, Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Serpong Tangerang Selatan, menyelenggarakan  “writingthon”. Kompetisi menulis tentang ilmu pengetahuan dan teknologi ini, merupakan rangkaian dari “Puspiptek Innovation Festival (PIF) 2017” untuk memperingati HUT Puspiptek Serpong ke-41.

“Kegiatan ini ditujukan untuk menampilkan dan membagi informasi tentang Puspiptek, karya-karya, dan prestasi yang dihasilkan kepada masyarakat luas. Di Puspiptek ada berbagai bidang ilmu dan teknologi,

seperti Badan Tenaga Nuklir (BATAN), Technology Business Incubation Center (TBIC), dan yang segera diresmikan yakni Iradiator Gamma yang merupakan tempat pengawetan makanan, dan obat-obatan,” tutur Kepala Puspiptek, Dr. Ir, Sri Setiawati M.A., saat melepas para peserta writingthon melakukan observasi ke Puspiptek Serpong, Jumat 25 Agustus 2017.

Menurut Sri, sudah saatnya Indonesia dikenal dengan berbagai teknologinya. Untuk itu, Puspiptek akan terus mendorong inovasi anak negeri.

Dari 200 yang mengikuti audisi, terpilih 168 orang penulis, yang kemudian disaring lagi hingga terpilihlah 10 orang terbaik dengan rentang usia 19-50 tahun, dan berasal dari latar belakang profesi yang berbeda.

“Seleksi dilakukan selama 9 hari, pesertanya hampir dari semua provinsi di Indonesia. Semua peserta memiliki pengalaman menulis yang baik, bahkan beberapa di antaranya sudah menerbitkan buku dan novel,” ujar Anita Hairunnisa, Founder Bitread  Publisher selaku panitia pelaksana Writingthon PIF 2017.

Writingthon akan berlangsung selama 3 hari. Masing-masing peserta akan mendapatkan kesempatan untuk melakukan observasi dengan mengunjungi berbagai tempat di kawasan Puspiptek.

“Peserta wajib menulis profil ilmuan yang ada di Puspiptek, selanjutnya mereka akan fokus menulis bidang teknologi dengan bahasa yang menarik,” pungkas Anita.

 

Asri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.