BESTTANGSEL.COM, TANGERANG- Skystar Ventures Tech Incubator yang didirikan oleh Universitas Multimedia Nusantara (UMN) meraih akreditasi inkubator bisnis teknologi pertama di Indonesia dengan Klasifikasi A. Akreditasi ini diberikan pada Senin, (26/08) di Harris Hotel & Residences Sunset Road Bali oleh Kepala Direktorat Kawasan Sains dan Teknologi dan Lembaga Penunjang Lainnya Kemenristekdikti yang bekerjasama dengan Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI).

Adanya akreditasi inkubator bisnis teknologi ini ditujukan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas inkubator bisnis teknologi baik untuk kalangan pemerintah maupun swasta serta dapat meningkatkan mutu pengelolaan dan pelayanan inkubator terhadap wirausaha pemula berbasis teknologi secara berkelanjutan.

Peringkat inkubator bisnis teknologi ini dibagi menjadi tiga tingkat maturitas, yaitu Peringkat A, B, dan C. Tak hanya universitas, inkubator bisnis yang mendapatkan akreditasi dengan klasifikasi A ini dinilai memiliki keunggulan tertentu.

Peringkat A dengan tingkat maturitas utama berarti inkubator bisnis teknologi mempunyai kemampuan dan kinerja yang unggul dan memperoleh nilai skor di atas 80 % dari total skor yang mengacu pada sistem penilaian dalam Lampiran 5.1. SOP Pemeringkatan IBT.

Universitas Multimedia Nusantara merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang meraih akreditasi inkubator bisnis dengan klasifikasi A.

Selain Skystar Ventures UMN, terdapat empat inkubator bisnis teknologi dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lainnya yang juga mendapatkan akreditasi inkubator bisnis teknologi dengan klasifikasi A, di antaranya Inkubator Institut Pertanian Bogor, Inkubator Universitas Pangeran Diponegoro, Inkubator Universitas Indonesia, dan Inkubator Institut teknologi Bandung.

Sementara itu, sejalan dengan visi universitas yaitu untuk mengembangkan entrepreneurship di kalangan mahasiswa, Wakil Rektor II UMN sekaligus Kepala Inkubator Skystar Ventures Andrey Andoko mengatakan, “Skystar Ventures diharapkan memberikan sumbangsih bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui penciptaan entrepreneur yang andal dengan ide-ide bisnis yang inovatif”, tutup Andrey.

Tentang Skystar Ventures UMN
Skystar Ventures merupakan tech incubator dan community driven space yang didirikan pada tahun 2013 oleh Rektor Universitas Multimedia Nusantara dengan SK Nomor 020/SK-R/VIII/2013.

Bertujuan untuk membangun ekosistem startup yang kompeten, kolaboratif, dan berkelanjutan, Skystar Ventures memiliki empat pilar utama, yaittu Program Inkubasi, Program Belajar Data Science Online, Coworking Space, dan Ventures Capital.

Selama hampir 6 tahun berjalan, Skystar Ventures telah diobatkan sebagai inkubator terbaik kategori pendampingan dan pembimbingan dari Kemenristekdikti pada tahun 2016 dan telah menjalankan 6 batch program inkubasi dengan total lulusan mencapai 20 startup yang berfokus pada pembembangan produk digital. Program inkubasi Skystar Ventures berlangsung selama enam bulan yang dimulai dari tahap validasi ide hingga pengembangan produk.

Skystar Ventures juga didukung oleh lebih dari 50 mentor professional baik praktisi maupun startup Founder yang siap memberikan pembimbingan bisnis kepada mahasiswa. Selain itu, untuk menunjang akses dan jaringan usaha, Skystar Ventures juga bekerjasama dengan Asosiasi Inkubator Indonesia (AIBI), Kemenristekdikti, Kompas Gramedia Group, Misk Global Forum Saudi Arabia, Action Community for Entrepreneurship (ACE) Singapura, Nanyang Polytechnic Singapura, Alpha Momentum, Microsoft BizSpark, Amazon Activate, serta beberapa startup company lainnya. (rlls)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.