BESTTANGSEL.COM, TANGERANG- Memasuki dunia digital yang sangat kompetitif, banyak perusahan di berbagai sektor industri sudah harus menerapkan data untuk menjadi lebih unggul. Kini, data menjadi salah satu bahan yang dapat menggerakan bisnis menjadi lebih efisien, produktif, serta akurat dalam membuat sebuah keputusan.

Para stakeholders atau pebisnis sudah mengupayakan bisnis mereka untuk beralih dari tradisional menjadi bisnis berbasis digital. Namun, tidaklah mudah untuk melakukan transformasi karena membutuhkan biaya yang besar dan juga seseorang yang ahli untuk mengelola data tersebut dengan benar seperti Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer. Pada ketiga dari beberapa praktisi dalam bidang Data Science, Data Engineer menjadi salah satu profesi yang memungkinkan bisa mewujudkan tujuan bisnis dengan benar dan tepat. Agar kamu tidak bingung, artikel DQLab kali ini akan membantu kamu untuk mengetahui lebih lanjut tentang profesi Data Engineer. Yuk, langsung saja simak artikel berikut!

1. Kenali Profesi Data Engineer
Data Engineer merupakan salah satu praktisi data dalam Data Science yang dimana mereka akan merancang dan membangun sesuatu berdasarkan data. Data Engineer sebagian besar berfokus pada aplikasi praktis yang membutuhkan pengumpulan dan analisis data. Sederhananya, mereka akan merancang sebuah solusi dengan membutuhkan kumpulan dan analisis pada data. Data Engineer akan membantu dengan membuat sebuah data menjadi lebih berguna dan dapat diakses, untuk melakukannya Data Engineering harus mencari, mengubah dan juga menganalisis pada setiap sistem. Pipeline ini akan mengambil banyak sumber yang berbeda dan akan dikumpulkan dalam satu warehouse atau gudang yang mewakili data secara seragam menjadi satu sumber kebenaran. Tools yang digunakan tergantung dengan pipeline yang mereka buat, tools yang diketahui dan digunakan seperti Python, Hadoop, Spark, JavaScript, dan lainnya.

2. Tanggung Jawab Data Engineer
Data Engineer sendiri bertanggung jawab untuk menyusun dan mengorganisir data serta mengawasi trend atau pola yang terlihat inkonsistensi yang bisa mempengaruhi tujuan bisnis. Dengan demikian, membutuhkannya posisi secara teknikal yang kuat, pengalaman seta skill yang sesuai dengan bidangnya seperti ilmu matematika dan komputer sains. Berikut beberapa tugas yang dilakukan oleh Data Engineer: Akuisisi data. Mengembangkan, menguji serta memelihara arsitektur. Memenuhi kebutuhan bisnis berdasarkan arsitektur. Mengidentifikasi cara untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas data
Menerapkan Machine Learning, program analitik, dan Statistik. Menemukan pola yang belum terungkap menggunakan data

3. Perbedaan Data Engineer dengan Praktisi Data Lainnya dalam Bisnis
Banyak mungkin dari kamu mempertanyakan perbedaan profesi dari praktisi data sehingga terjadinya kesalahpahaman dalam bisnis bahwa data-driven akan diwujudkan hanya dengan Data Scientist. Data Scientist dalam bisnis merupakan bagian penting berbasis data karena mampu menggali pola data yang menarik, mengembangkan model prediktif, dan membantu menemukan solusi yang strategis tetapi Data Scientist dalam bisnis akan termotivasi pada eksperimen untuk bisnis yang dimana membantu mendorong bisnis ke depan. Sedangkan Data Engineers, berdasarkan tanggung jawabnya yaitu menerjemahkan wawasan data ke dalam bentuk yang lebih teknis dan data digunakan untuk memenuhi tujuan bisnis sehingga pada akhirnya Data Engineer akan memastikan bahwa ‘data’ digunakan dengan tepat dan diharapkan membantu mencapai kesuksesan dalam bisnis.

Dalam perspektif lain, keduanya profesi atau praktisi data lainnya sangatlah membantu kegiatan bisnis, namun perlu diketahui tanggung jawab praktisi data lebih lanjut agar lebih tepat dan sukses berbisnis.

4. Keuntungan Data Engineer dalam Bisnis
Salah satu pekerjaan yang dilakukan Data Engineer adalah yaitu membangun sebuah pipeline dimana mengubah data mentah menjadi data yang siap pakai untuk analitik, Machine Learning, dan sistem AI. Dalam bisnis, Data Engineer akan memecahkan masalah dan menginformasikan serta jika menggunakan pipeline data dengan benar maka akan mendapatkan sebuah data yang bisa digunakan menjadi inovasi dalam bisnis. Selain itu, Data Engineer bisa melakukan verifikasi dalam pengambilan keputusan yang dianalisis dengan teknologi canggih untuk membuat keputusan berdasarkan data.

5. Data Engineer dan Data Science di Masa Depan

Beberapa tahun ini, perusahaan sudah mengaplikasikan Data Science dan juga melakukan kegiatan bisnis based on digital. Hal ini, meningkatnya volume data yang tersedia dan juga semakin rumit data untuk mengaplikasikannya sehingga membutuhkan praktisi data atau mungkin kamu ingin memulai pembelajarannya secara otodidak sekalipun. Untuk mempersiapkan kamu bisa bergabung bersama DQLab dan nikmati pembelajarannya sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu! Dengan begitu kamu lebih untuk berkompetisi dan unggul menghadapi revolusi industri di masa depan. (Red/rlls)

Leave a Reply