BESTTANGSEL.COM, Tanggerang Selatan-Produktivitas adalah kunci keberhasilan di tempat kerja. Pemilik bisnis, manajer, dan eksekutif semua ingin mendapatkan hasil kerja nyata yang maksimal dari setiap karyawannya.

Di sisi lain, para karyawan terjebak dalam rutinitas kerja yang itu-itu saja – berangkat kerja pagi buta, tenggelam dalam setumpuk proyek dan rapat ini-itu, lalu pulang tengah malam. Hasilnya? Pekerjaan yang tadinya kita cintai jadi terasa penat membosankan. Pada akhirnya, kurangnya produktivitas di tempat kerja menyebabkan kurangnya kebahagiaan Anda secara keseluruhan. Apesnya lagi, jika Anda tidak bekerja segiat dan seefektif rekan kerja Anda, masa depan pekerjaan jangka panjang Anda bisa terancam punah.

1. Temukan apa yang membuat anda bahagia

Terdengar picisan, namun percayalah ini akan berhasil. Tidak peduli apa yang Anda lakukan atau di mana Anda berada, mulailah bahagia sejak detik ini.

Mulai dengan mencari sesuatu untuk disyukuri; setiap orang memiliki setidaknya satu hal kecil untuk disyukuri. Entah itu lokasi kantor yang strategis dekat dengan pusat jajanan enak, secangkir kopi hangat bikinan si mbak yang selalu menyambut Anda di pagi hari, atau bahkan sekadar bayangan kasur dan bantal hangat yang menanti kepulangan Anda di rumah.

2. Buat meja kerja senyaman rumah anda

Karena Anda menghabiskan begitu banyak waktu terpaku di meja kerja, jika Anda ingin bekerja lebih semangat dan lebih produktif, mengapa tidak menghias meja kerja dengan gaya khas Anda, misalnya dengan membawa boneka, pajangan meja, tas makeup cadangan, bingkai berisi foto anggota keluarga atau kekasih hati, atau mungkin poster idola kesayangan? Dengan begitu, Anda bisa membuat diri Anda nyaman dan santai di kantor, layaknya di rumah sendiri. Tentu harus disesuaikan dengan kebijakan perusahaan, ya!

Yang perlu diingat, meja yang berantakan adalah pertanda pikiran yang berantakan. Jadi, seramai apapun dekorasi meja Anda, tetap usahakan agar bersih dan rapi teratur. Waktu yang Anda habiskan mencari kertas-kertas penting yang terselip di suatu tempat setiap hari adalah waktu tambahan yang sebenarnya bisa Anda gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan Anda.

3. Hindari makan siang porsi besar

Saat kelaparan, sepiring besar nasi padang dan semangkuk es campur tampak sangat menggoda iman. Tapi jangan salah, makan siang membabi buta seperti ini justru hanya akan mengisi perut anda dengan gula sederhana yang hanya menyediakan energi tinggi namun sebentar. Hasilnya, Anda akan semakin loyo dan mengantuk di sore hari.

Sebaliknya, bagi porsi makan Anda dalam 4-5 kali sesi cemilan sehat kaya akan protein, serat, dan antioksidan yang akan membuat Anda kenyang dan tetap fokus lebih lama. Misalnya, secangkir greek yogurt dan granola bar menjelang makan siang, kemudian semangkuk oatmeal dengan topping granola, buah-buahan, dan madu di sore hari.

4. Tersenyumlah

Mengenang memori indah seperti contoh di atas juga akan membuat Anda tersenyum. Sesuatu yang sederhana seperti tersenyum dapat meningkatkan kebahagiaan Anda di tempat kerja karena memberitahu otak untuk menjadi lebih bahagia, berkat pelepasan senyawa neuropeptida. Tersenyum juga “menular” sehingga membuat rekan kerja di sekitar Anda ikut tersenyum dan bekerja lebih semangat.

5. Temukan sahabat di tempat kerja

Christine Riordan menyatakan di Harvard Business Review bahwa karyawan yang memiliki teman dekat di tempat kerja melaporkan bekerja lebih semangat. Pekerjaan mereka juga jadi lebih menyenangkan, dapat dinikmati, bermanfaat, dan memuaskan. Selain itu, memiliki sekelompok teman di tempat kerja dapat menyediakan dukungan, rasa persaudaraan, dan loyalitas. Siapa sih, yang tidak ingin ramai-ramai hangout karaoke-an merayakan kesuksesan proyek atau sekadar melepas

 

 

Sumber: Hellosehat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.