BESTTANGSEL.COM, JAKARTA –Grab Indonesia, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan Polda Metro Jaya hari ini meresmikan peluncuran kembali GrabWheels, moda transportasi listrik dan juga ramah lingkungan di beberapa titik di DKI Jakarta sebagai tahap awal. Selaras dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No. 45/2020 mengenai Kendaraan Tertentu dengan Menggunakan Penggerak Motor Listrik, GrabWheels kembali hadir dengan protokol keamanan dan kesehatan yang ditingkatkan untuk mengajak para pengguna alat mobilitas pribadi dan pengguna jalan membangun ekosistem transportasi yang lebih baik. GrabWheels diharapkan dapat kembali menjadi solusi mobilitas first-mile-and-last-mile yang diminati masyarakat Indonesia. 

Acara peresmian kembali operasi GrabWheels ini telah dihadiri oleh Menteri Perhubungan, Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi, Kepala Polda Metro Jaya, Insp. Jen. Nana Sudjana yang diwakili oleh Direktur Binmas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Badya Wijaya, dan President Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata. 

Menteri Perhubungan, Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi menyambut baik kehadiran GrabWheels kembali di Provinsi DKI Jakarta. “Kehadiran GrabWheels diharapkan bisa mengurangi kepadatan lalu lintas yang disebabkan kendaraan bermotor. Dengan aturan yang sudah resmi diberlakukan, dan ditunjang protokol keamanan dan kesehatan yang ketat, serta jalur sepeda yang ditingkatkan, maka akan banyak masyarakat yang menggunakan alat mobilitas pribadi seperti GrabWheels. Hal ini akan membantu lingkungan lebih sehat dan udara lebih bersih,” ucap Menteri Budi baru-baru ini.

GrabWheels dapat ditemukan di 7 lokasi seperti Thamrin 10, Intiland Tower, Blok M Square, Blok M Mall, Kuningan City, Lotte Shopping Avenue, dan Gedung BRI 2 dan akan terus berkembang di masa mendatang. Selain membangun ekosistem transportasi listrik yang ramah lingkungan, GrabWheels juga menjadi salah satu moda transportasi first mile-and-last-mile yang diminati masyarakat. Untuk memaksimalkan keselamatan dan kesehatan penggunanya, Grab juga telah bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam meningkatkan kualitas jalur sepeda di daerah tersebut. 

Berdasarkan data riset yang dilakukan SBM ITB, sebanyak 35% responden memiliki ketertarikan untuk mengendarai alternatif transportasi seperti skuter listrik. Oleh karena itu, Grab berharap melalui kembalinya operasi GrabWheels yang dilengkapi dengan peningkatan protokol keamanan dan kesehatan ini dapat menjawab kebutuhan masyarakat tersebut. 

Kapolda Metro JayaIrjen. Pol. Drs. Nana Sujana yang diwakili oleh Direktur Binmas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi, Badya Wijaya menyampaikan apresiasi dan dukungan penuhnya terhadap hadirnya GrabWheels. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 ini, beliau berharap GrabWheels bisa menjadi solusi atau alternatif khususnya bagi kaum milenial dan dapat mendukung pariwisata. Polda Metro Jaya akan terus memantau aspek keamanan GrabWheels di 7 lokasi yang ada saat ini, termasuk memastikan bahwa penggunanya mematuhi aturan kecepatan yang berlaku. Grab juga menyerahkan 30 unit GrabWheels kepada Polda Metro Jaya sebagai dukungan untuk operasional.  

President Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata menyatakan, “Saat ini, kami memahami bahwa minat masyarakat Indonesia terhadap alat mobilitas pribadi kian meningkat dan kami terus berupaya untuk menciptakan inovasi melalui GrabWheels. Kami sangat senang bisa kembali menghadirkan GrabWheels bersama Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan Polda Metro Jaya sebagai solusi alternatif perjalanan first-mile-and-last-mile masyarakat DKI Jakarta. Nantinya, masyarakat dapat kembali mengendarai GrabWheels di jalur khusus yang sudah ditentukan oleh peraturan seperti jalur sepeda. Harapannya, GrabWheels bisa menjadi solusi yang semakin diminati masyarakat tetapi juga memberi dampak positif bagi lingkungan dan ekosistem transportasi.”  (rlls/Ast)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.