Pameran otomotif GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show), 2016 resmi dimulai dari 11 Agustus sampai 21 Agustus 2016 ini yang dibuka langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, (11/08/2016).

FOTO : IYAR

FOTO : IYAR

Bertempat di Indonesian Convention Exhibition (ICE), BSD City, Serpong, Tangerang, dengan luas lahan hampir 70 ribu meter persegi dengan membawa 36 merk mobil dan 361 exhibitor.

“Dengan ini saya buka GIIAS ke-24,” ujar Jusuf Kalla di Indonesia Convention Expo.

JK menyebutkan, pertumbuhan penjualan kendaraan roda empat di Indonesia saat ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan, dimana sudah mencapai satu juta unit per tahun.

 

FOTO : IYAR

FOTO : IYAR

Disadari bahwa penjualan mobil merupakan salah satu fashion yang sangat penting, dengan banyaknya model dan warna sehingga menjadi bagian dari penjualan itu sendiri serta dapat menjadi karakteristik suatu kota.

Kendati demikian, JK meminta kepada para pelaku industri automotif di Indonesia untuk sejalan dengan pemerintah dalam memberikan solusi. Karena kemajuan industri ini pun juga perlu adanya after service agar seimbang dan bertahan dalam persaingan.

“Pendapatan yang baik untuk suatu daerah adalah peningkatan penerimaan pajak kendaraan, maka dengan semakin baik perkembangan industri otomotif akan berimbas dengan pembangunan suatu daerah,” jelas JK.

Tidak hanya melihat keuntungannya saja, akan tetapi pemerintah sebagai regulator harus selalu dinamis dalam mengatur hal-hal tersebut. Di mana, pemerintah harus menerapkan teknologi kendaraan yang ramah lingkungan.

“Sehingga bagaimana kita bisa menerapkan di Indonesia agar menjadi bagian dari manufacturing kita dan bagian dari suatu upaya meningkatkan ekspor kendaraan di Indonesia ini,” tukasnya.

JK menilai, pameran otomotif tahunan seperti GIIAS 2016 sangat strategis dan penting bagi kemajuan industri otomotif nasional saat ini dan ke depannya. Ia berharap ke depannya industri otomotif juga bisa membantu pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara melalui ekspor mobil.

 

 

TEKS : IYAR

FOTO : IYAR