Musik dijadikan sebagai media untuk menuangkan berbagai macam ekspresi, luapan emosi dan perwujudan sisi kreatif secara positif. Dalam upaya menampung banyaknya talenta muda yang dimiliki, maka disepakati untuk membangun sebuah ruang berkreasi secara menyeluruh yang mencakup tentang pergerakan skena, diskusi terbuka, pengadaan event serta hal-hal yang terkait dengan esensi dan eksistensi bermusik di sirkuit independent.

Pamulang merupakan sebuah kota yang terletak di wilayah Tangerang Selatan provinsi Banten yang juga berbatasan langsung dengan kota besar lain seperti Jakarta, Bogor, Tangerang dan Depok. Sebagian besar anggota yang tergabung dalam Pamulang Distorsick memang lahir, tumbuh dan tinggal di kota ini. Pasar Kita Pamulang merupakan lokasi yang biasa digunakan untuk area berkumpul, saling sharing, bersosialisasi, diskusi santai, coffee time dan berbagi informasi untuk mempererat tali silaturahmi bagi para member PMLDST.

Penggunaan nama Pamulang Distorsick (PMLDST) sepertinya cukup relevan, mengingat Pamulang memang menjadi bagian sejarah nyata kehidupan teman-teman distorsick. Karena menganggap Pamulang Distorsick (PMLDST) tidak hanya sebagai sebuah komunitas, melainkan sebagai wadah positif penaung band-band indie yang umumnya memainkan musik seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya Pemakaian kata Distorsick ditambahkan sebagai penegas identitas musik ‘berdistorsi sakit / distorsi asik’ yang menjadi langgam bagi band-band kritis penganut musik cadas.

Pamulang Distorsick (PMLDST) memulai pergerakannya sejak awal tahun 2000’an dengan mengadakan beragam perhelatan musik dan turut berpartisipasi rutin dalam penggarapan aneka event musik di wilayah-wilayah strategis di sekitar Pamulang. Sejalan dengan proses lalu mulai berani menjamah kota-kota lain yang menyelenggarakan acara-acara gigs lokal.

Kegiatan yang dilakukan terhitung banyak berhubungan dengan hal-hal sosial. Sebagai contoh beberapa event yang pernah diproduksi kerap berkaitan dengan isu global mengenai lingkungan hidup, sosial masyarakat dan penggalangan dana korban bencana alam. Aspek edukasi yang sarat akan makna peningkatan kesadaran diri memang selalu kami terapkan guna menjaga keseimbangan pemikiran dan tindakan, tentunya melalui media musik yang berdampak universal.

VISI

Menjadikan Pamulang Distorsick sebagai wadah apresiasi karya bermusik yang sehat, potensial, berdedikasi dan memiliki manfaat bagi masyarakat luas, khususnya generasi muda wilayah Tangsel.

 

Teks/Editor: Bani Ramadhan

Foto: Dokumen Pribadi