BESTTANGSEL.COM, TANGERANG – Ribuan peserta Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) mengikuti orientasi di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) pada Selasa (06/08) dan Rabu (07/08). OMB merupakan sebuah wadah bagi mahasiswa baru untuk mengenal lingkungan dan sistem kampus serta sebagai langkah awal untuk beradaptasi sebelum menghadapi masa perkuliahan.

Konsep yang diusung oleh OMB UMN 2019 adalah aktualisasi diri dan dedikasi mandiri dengan tagline “Wujudkan Bakat dalam Semangat”. Terpilihnya tema ini bertujuan mengajak mahasiswa baru agar menyadari potensi diri serta bakat yang mereka miliki. Diharapkan calon mahasiswa dapat membagikannya dengan turut aktif dalam kegiatan OMB 2019 serta mewujudkan bakat dengan semangat nasionalisme.

Untuk mewujudkan konsep OMB UMN 2019, panitia mengemas rangkaian acara dengan sebutan “Endogen” atau disingkat menjadi “Endo”. Kata “Endogen” berarti kekuatan dari dalam bumi yang dapat menciptakan sebuah permukaan baru. Endo dalam OMB UMN 2019 dimulai dari angka 7 (tujuh) hingga 0 (nol). Semakin kecil angka Endo, semakin peserta OMB dapat menggali potensinya dengan semangat memuncak. Sama seperti lapisan bumi yang ketika digali semakin dalam, semakin banyak sumber daya alam yang berharga.

Rangkaian kegiatan OMB UMN 2019 dimulai sejak Selasa pagi dengan Endo 7 (tujuh) atau upacara bendera yang dipimpin langsung oleh Dr. Ninok Leksono selaku rektor UMN.

Dalam amanat upacara, Ninok mengungkapkan tujuan diadakannya OMB yaitu mahasiswa baru UMN dapat mengenal kampus dan program studi (prodi) yang dipilihnya dengan lebih dekat serta mengenal kehidupan perkuliahan di UMN.

Dalam mewujudkan unsur Nusantara pada OMB UMN 2019, panitia menggunakan nama panitia dari bahasa Sansekerta, nama kelompok yang terinspirasi dari senjata tradisional Indonesia, dan logo OMB yang melambangkan Burung Garuda. Hal ini selaras dengan pernyataan Ninok saat menyampaikan amanatnya.

“Jadi memang ke-Indonesiaan, kenusantaraan itu oleh Bapak pendiri UMN yaitu Bapak Dr. HC. Jakob Oetama sangat ditonjolkan sehingga kata-kata Nusantara dari Universitas Multimedia Nusantara itu tidak hanya kata-kata saja, tapi diwujudkan,” ujar Ninok.

Edwin selaku Ketua OMB UMN 2019 mengatakan, “Peserta OMB UMN 2019 diharapkan dapat menerapkan hal-hal yang telah didapatkan ketika OMB dalam kehidupan perkuliahan maupun sehari-hari.”

Edwin juga menambahkan bahwa perspektif orang tentang semangat mungkin berbeda. Namun, Edwin percaya semangat yang sejati adalah ketika kita dapat mengerahkan tenaga, waktu, perasaan serta pikiran dengan bijak dan konsisten. Oleh karena itu, peserta OMB UMN 2019 harus membawa semangat sejati agar bakat yang dimiliki oleh tiap-tiap individu dapat tercurahkan dengan maksimal.

Setiap tahunnya OMB UMN menjadi ajang yang dikenang oleh mahasiswa baru karena berhasil menjadi gerbang pertama dalam menghadapi perkuliahan yang dikenang dan dirindukan. Akhirnya secara resmi peserta OMB UMN 2019 sudah menjadi bagian dari keluarga besar UMN yang siap mewujudkan bakatnya dalam semangat demi almamater, persada, dan sesama. (*)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.