BESTTANGSEL.COM, POSO – Gempa berkekuatan 6,6 Skala Richter (SR) di Kabupaten Poso, mengakibatkan tiga korban luka ringan, Senin 29 Mei 2017 malam hari.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, kecuali korban luka-luka yang langsung dilarikan ke Puskesmas setempat untuk mendapatkan perawatan,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulteng, Bartholomeus Tandigala di Palu, Selasa 30 Mei 2017.

Ketiga korban yang cidera itu adalah Hj. Pakuna (70) warga Desa Alitupu, Kecamatan Lore Utara. Lalu Nurmawati (30) warga Desa Alitupu dan Rika (50) asal Desa Sedoa, Kecamatan Lore Utara.

Para korban rata-rata mengalami luka di bagian kepala karena tertimpah batu bata bangunan rumah tinggal sendiri. Semua korban dievakuasi ke Puskesmas dan setelah mendapatkan pengobatan langsung kembali ke rumah masing-masing.

Gempa tersebut juga mengakibatkan sejumlah bangunan mengalami kerusakan, bahkan ada rumah tinggal roboh karena guncangan keras.

Salah satunya adalah rumah milik Serka Mustang, anggota Koramil 130/07-01 Poso yang terletak di Kelurahan Bonesompe, Kecamatan Poso Kota juga ikut roboh. Selain itu, tembok pembatas rumah dinas Intel Pelda Mustakim dan Serka Dedy juga roboh. Selain itu bangunan tua bekas Kantor BNI Poso rusak serta beberapa rumah, gereja di Desa Alitupu dan Desa Sedoa juga retak-retak.

Hingga Selasa pagi, kerugian akibat gempa yang berlangsung selama satu menit dan dirasakan getarannya hingga Kota Palu ini masih dihitung.

 

BR/BS

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.