BESTTANGSEL.COM, TANGERANG- Ketika mulai ingin berkarir dalam bidang data, Mempelajari bahasa pemrograman merupakan salah satu skill yang harus dimiliki. Bahasa pemrograman saat ini sangatlah beragam. Dari setiap jenis bahasa pemrograman, Structured Query Language atau SQL adalah salah satu bahasa pemrograman yang wajib kamu pahami dan kuasai.

Banyak sekali Developer yang menggunakan SQL untuk membantu dalam merancang kebutuhan basis data pada aplikasi. Kali Ini DQLab akan membahas tuntas tentang SQL. Yuk simak dibawah ini!

1. Apa itu SQL?
Structured Query Language atau SQL adalah bahasa pemrograman query yang dirancang untuk membantu dalam pengambilan dan mengelola informasi pada data base. SQL muncul pada tahun 1970 sekitar 50 tahun lebih sudah, dengan nama structured english query language (SEQUEL). Kemudian pada 1986 nama SEQUEL itu diubah menjadi SQL untuk mudah dibaca. Saat itu SQL menjadi sangat terkenal dalam pengolahan data dan database. Meskipun SQL adalah bahasa pemrograman yang sudah lawas, nyatanya SQL masih menjadi bahasa pemrograman yang paling banyak dan masih digunakan saat ini. Maka dapat disimpulkan bahwa SQL adalah salah satu bahasa query besar dalam pengolahan database.

Baca Juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL bagi Pemula

2. Bidang Pekerjaan yang Membutuhkan SQL
Setelah mengetahui penjelasan tentang SQL, lantas siapa saja yang membutuhkan SQL. Saat ini mayoritas bidang data membutuhkan skill dasar SQL. Mengapa SQL menjadi bahasa pemrograman yang harus dikuasai untuk bekerja di bidang data? Karena SQL adalah bahasa pemrograman yang tidak luput dari data dan database.

Berikut DQLab akan memberikan 3 contoh bidang pekerjaan yang sangat membutuhkan skill SQL :
– Data Scientist menjadi pekerjaan yang sangat membutuhkan skill SQL, pekerjaan ini membutuhkan SQL karena untuk mengambil data dari database.
– Database Administrator, DBA bertanggung jawab untuk mengendalikan basis data perusahaan yang hanya bisa diakses oleh orang orang tertentu.
– Big Data Architect adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk membuat sebuah produk untuk mengelola data dalam jumlah yang sangat besar. Maka dari itu SQL adalah salah satu skill yang harus dikuasai oleh seorang Big Data Architect.

3. Kenali Fungsi SQL
Terdapat beberapa fungsi SQL yang dimiliki oleh bahasa Query. Berikut DQLab akan memberikan beberapa penjelasan mengenai fungsi dari beberapa bahasa pemrograman ini:
– Dapat Memanipulasi dan Mengakses Database, dengan menuliskan beberapa perintah sesuai dengan Query yang telah dibuat atau ditetapkan.
– Mampu untuk Mengeksekusi Query, dengan memberikan perintah langsung kepada sistem untuk mengelola sebuah sistem pada Database.
– Dapat Mengatur Hak Akses User, dengan tujuan membatasi akses user sesuai dengan kebutuhan sistem yang diterapkan.

Baca Juga : Ini Alasan 4 Non-IT Harus Belajar Data Science, Berani Coba?

4. Belajar SQL di DQLab, Yuk!
Selain belajar bahasa pemrograman seperti R, Python, dan SQL, kamu juga bisa belajar Bahasa pemrograman lainnya di DQLab loh. Caranya gampang banget, kamu cukup membeli modul Platinum Excel yang telah disediakan. Bedanya dengan modul premium yang harus terus berlangganan, modul platinum cukup dibeli satu kali saja dan kamu akan bisa mengaksesnya secara terus menerus tanpa waktu yang terbatas. Modul ini juga cocok untuk kamu yang masih pemula hingga kamu yang ada di level medium. Tunggu apalagi? Buruan sign up dan nikmati modulnya! (Red/rlls)

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.