BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan -Forum Kota Sehat (FKS) kembali menggelar Focus Group Discusion (FGD) Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Kegiatan yang difasilitasi oleh Ketua Tatanan 8 FKS Tangsel Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri, Dewi Indah Damayanti.,SE., diadakan di Resto Kampoeng Anggrek Victor Tangsel, Senin (4/12/2017).

Kegiatan yang bertujuan untuk mensosialisasikan program Germas kepada seluruh masyarakat di 7 Kecamatan Tangsel oleh pengurus FKS dan FKKS Tangsel tersebut, menghadirkan, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Tangsel, Iin Sofiawati.

Dalam presentasinya di depan pengurus FKS dan FKKS Tangsel,  Iin mengajak dan menghimbau agar para kader tak bosan mengajak masyarakat hidup sehat, di antara dengan mengkonsumsi sayur dan buah. Iin juga selalu berpesan kepada para bapak yang hadir untuk menghentikan kebiasaan merokok.

“Sayur dan buah merupakan serat yang akan mengikat lemak dan kolesterol sehingga melancarkan pencernaan, sebab jika tidak kotoran dari makanan yang kita makan akan menumpuk di usus sehingga akan menjadi penyakit,” tutur Iin.

Selain kebiasaan mengkonsumsi makanan, Iin juga menekankan tentang kebiasaan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

“Menjaga kebersihan juga sangat penting sebagai upaya menjaga kesehatan. Jangan buang sampah sembarangan, terutama bekas pampers harus terlebih dulu dibersihan baru dibuang. Sebab, jika tidak dibersihkan maka akan mencemari lingkungan,” jelas  Iin.

Menurut Iin, 2 persen masyarakat Tangsel masih melakukan kebiasaan buruk, yakni buang air besar sembarangan. “Atau ada juga yang buang air besarnya di dalam rumah, tetapi pembuangan kotorannya dialirkan ke luar. Kebiasaan buruk ini sebaiknya jangan lagi dilakukan, sebab selain akan mencemari lingkungan dampaknya pun sangat tidak baik bagi kesehatan manusia,” ungkap Iin.

Hadir dalam kegiatan FGD tersebut, Kepala Bidang Ekonomi dan Sosial Kemasyarakatan BEPPEDA, H. Yahya Sutaemi, S.Pd. M.Si., mengatakan bahwa kota sehat merupakan suatu kondisi kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintahan daerah.

“Untuk Kota Tangerang Selatan di tahun 2020 diharapkan akan menjadi kota yang benar-benar bersih, terbebas dari sampah, tidak ada lagi orang buang hajat sembarangan, sehingga akan benar-benar menjadi kota sehat dengan masyarakat yang juga sehat,” pungkas Yahya.

Asri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.