BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan – Ingin berkontribusi pada kesehatan masyarakat, Yayasan Taman Mandiri Syariah (YTS) meluncurkan Klinik Sehat Sukarela (KSS) di Pondok Aren Tangerang Selatan (Tangsel). Selain menjamin kesehatan anak-anak yatim piatu asuhan YTS, KSS juga rutin menggelar pengobatan gratis dan sosialisasi kesehatan bagi masyarakat Pondok Aren.

“Klinik Sehat Sukarela dibentuk pada Oktober 2018, dua tahun setelah YTS Pondok Aren Berdiri. Selain melayani kesehatan internal, yakni di lingkungan YTS, KSS juga membuka layanan kesehatan secara eksternal. Alhamdulillah saat ini sudah ada 13 posko kesehatan KSS di wilayah Pondok Aren,” tutur Diyah Ayu Rumaningsih, selaku Manager Klinik Sehat Sukarela. 

“Saat ini KSS melayani kesehatan umum, gigi, sunat, dan pengecekan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba), Insha Allah ke depan kami akan menambah layanan untuk dokter spesialis, seperti spesialis kandungan, anak, dan lain sebagainya, sehingga akan menjadi sebuah rumah sakit,” papar Diyah.

(Ki-Ka): Ketua YTS, Nerman, Lurah Pondok Aren Murtado, Dewan Pembina YTS, Supriyono.

Diyah juga menjelaskan bahwa KSS didukung oleh tenaga medis yang sudah berpengalaman. “Selama ini kami telah bekerjasama dengan dokter puskesmas dan para dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI).”

“Saat ini kami juga sudah memiliki satu unit ambulance yang bisa digunakan ketika terjadi kegawatdaruratan,” imbuh Diyah.

Diyah juga menjelaskan, “Untuk mekanisme pembayaran sukarela kami memiliki SOP tersendiri yang bisa diketahui dengan cara pengisiaan form pengobatan, jika benar dhuafa atau yatim maka kami membebaskan pasien dari biaya pengobatan, atau memberi keringanan biaya.”

Resmi dibentuk pada Oktober 2016, YTS telah telah melakukan banyak kegiatan sosial, dia antaranya santunan yatim, bantuan bagi kaum dhuafa, hingga pengobatan sukarela.

“Untuk anak yatim yang ada di Pondok Aren ini ada sekitar 200 anak yatim yang kita bina. Selain itu kami juga sering melakukan baksos ke berbagai lokasi yang masyarakatnya membutuhkan bantuan, di antaranya bantuan bagi masyarakat Baduy, melakukan sosialisasi kesehatan ke berbagai lokasi, pemberian beasiswa, serta banyak lagi,” tutur Dewan Pembina YTS, Supriyono.

Tidak hanya di Pondok Aren, YTS juga memiliki perwakilan di beberapa kota seperti Bekasi dan Depok. “Kami akan terus berkomitmen untuk membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera. Semoga YTS semakin besar sehingga akan semakin besar pula yang akan diberikan kepada masyarakat,” tutup Supriyono. (asri)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.